Babinsa Bersama PPL Mendampingi Petani Melaksanakan Ubinan Padi

Cilacap – Babinsa Koramil 14/Cimanggu dari jajaran Kodim 0703/Cilacap Korem 071/Wijayakusuma, Serma Sudarto beserta dua orang anggota, melaksanakan Panen Ubinan Padi di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Rabu (24/4/24)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Babinsa Koramil 14/Cimanggu Serma Sudarto, Serda Pandu Iriyanto dan Koptu Eko Daryoto, Kordinator PPL Kecamatan Cimanggu Windi Haryanto, S.TP., MP., beserta staf, Ketua Kelompok Tani Karya Tani Desa Cimanggu Sutarno beserta anggota.

Dalam kesempatan tersebut, Kordinator PPL Kecamatan Cimanggu Windi Haryanto, S.TP., MP., mengatakan bahwa “Dalam pengecekan hasil panen padi dengan sistem Ubinan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui dan melihat secara langsung hasil panen dari para petani di wilayah Kecamatan Cimanggu, khususnya Desa Cimanggu. Sehingga menjadi tolak ukur keberhasilan untuk menuju swasembada pangan,” jelasnya.

“Adapun hasil pengecekan panen padi jenis Varietas Inpari 32 Ubinan kita hari ini yaitu 7,29 kg atau setara dengan 11, 6 ton/ha GPK (Gabah Kering Panen), Alhamdulillah ini termasuk hasil yang bagus,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Serma Sudarto menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kemanunggalan TNI – Rakyat, sinergitas dengan semua unsur terkait untuk mensukseskan program swasembada pangan yang di canangkan oleh Pemerintah.

“Ini sudah menjadi kewajiban semua anggota Babinsa di wilayah, dalam rangka melaksanakan tugas mendukung program Pemerintah untuk mencapai target swasembada pangan Nasional, “terangnya.

Ketua Kelompok Tani Karya Tani Desa Cimanggu Sutarno, juga merasakan atas kehadiran Babinsa dan PPL, sehingga menimbulkan semangat dan motivasi untuk lebih giat lagi dalam bekerja menanam padi.

“Harapan kami kedepan, kerjasama ini dapat berlanjut dan disempurnakan, dengan adanya pendampingan apabila ada kendala yang dihadapi oleh para petani di lapangan, dapat segera di sampaikan untuk dicarikan solusi dan jalan keluar terbaik, “harap Sutarno.

Selama kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, semua pihak merasa puas dengan hasil panen padi tahun ini, setelah beberapa waktu lalu mengalami kekeringan yang cukup panjang sehingga hasil panen menurun.

(R14)