Wujudkan Lingkungan Yang Sehat, TNI Bersama Warga Bersihkan Tempat BAB Sembarangan

oleh -42 views

Cilacap – Jamban yang masih dipakai masyarakat diatas kolam ikan, dibongkar oleh Anggota Koramil 05/Nusawungu dan perangkat Desa Karangputat, Minggu (15/11/20). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka wujudkan lingkungan yang sehat serta persiapan Verifikasi Desa Bebas ODF (Open Defecation Free) atau Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) wilayah kerja UPTD Puskesmas Nusawungu I di desa tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Serma Mustika, saat memimpin anggota Koramil Nusawungu dalam kegiatan tersebut. Dalam rangka mendukung pemerintah wujudkan lingkungan yang bersih dan tidak BAB sembarangan, pihaknya siap membantu Pemerintah dan Puskesmas Nusawungu I khususnya untuk mewujudkannya.

“Memang benar, saat ini kita bersama perangkat desa Karangputat, Kader kesehatan dan Tim Kesehatan dari Puskesmas Nusawungu I membersihkan lingkungan dari sampah dan kotoran, membersihkan lingkungan yang kumuh termasuk juga membongkar jamban yang masih berdiri di atas kolam. Ini kita lakukan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sadar kesehatan, terlebih lagi dalam waktu dekat ini akan dikunjungi oleh Tim Verifikasi Kabupaten,” jelasnya.

Menurut dia, hal tersebut telah disosialisasikan ke setiap warga untuk membersihkan lingkungan sehingga saat Tim Verifikasi berkunjung ke lapangan tidak lagi ditemukannya adanya jamban diatas kolam ikan, tidak ada lagi sampah pampers ditempat sampah terbuka dan tidak ada lagi kotoran manusia di sembarang tempat.

Sekali lagi, kita pastikan, lingkungan desa ini bersih, tidak kumuh dan tidak ada lagi berdiri jamban di atas kolam. Bagi mereka yang belum memiliki jamban, kita anjurkan untuk menumpang sementara di rumah warga lain yang memilikinya,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Karangputat Suparno, Anggota Koramil Dpp Serma Mustika, Babinsa Serda Heri Ujiantoro, Babinkamtibmas Aipda Sodikin, Ketua Mutu Yan Puskesmas Nsw 1 dr Meika berserta anggota, Kadus dan kader kesehatan desa, dan warga masyarakat. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *