Wujudkan Bebas BAB Sembarangan, UPTD Puskesmas Nusawungu Gandeng TNI Picu Program Jambanisasi

oleh -98 views

Cilacap – Wujudkan Kabupaten Cilacap Bebas Buang Air Besar Sembarangan, Tim dari UPTD Puskesmas Nusawungu I menggandeng TNI Koramil 05/Nusawungu Kodim 0703/Cilacap guna pemicuan program Jambanisasi yang akan dilaksanakan di Desa Nusawungu Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, Selasa (7/7/20).

Ketua Tim Penyuluh Kesehatan UPTD Puskesmas Nusawungu I Warsito menjelaskan, untuk mewujudkan program tersebut harus memedomani 5 pilar STBM yaitu Stop Buang Air Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan, Pengelolaaan Sampah serta Pengelolaaan Limbah cair. STBM sendiri  merupakan salah satu pola pendekatan yang diharapkan mampu merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan dan hal tersebut secara rinci kita jelaskan kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Kegiatan pemicuan di Desa Nusawungu sendiri difokuskan pada pilar pertama, yaitu jangan buang air besar (BAB) sembarangan. Ini merupakan salah satu sanitasi dasar yang perlu mendapat perhatian. Mengingat ini merupakan sanitasi dasar yang bermula dari sanitasi rumah tangga, diantaranya sarana Liang air besar (jamban sehat), sarana pengelolaan sampah dan limbah rumah tangga,” imbuhnya.

Danramil 05 Nusawungu melalui Pelda Turut menambahkan, Jamban merupakan fasilitas pembuangan tinja yang efektif untuk memutus mata rantai penularan penyakit. Oleh karenanya setiap individu dilarang buang air besar sembarangan atau dikenal dengan Open Defecation Free (ODF). Hal itu penting agar masyarakat bisa terhindar dari ancaman penyakit berbasis lingkungan.

“Selain itu, program STBM Lima Pilar telah memberikan andil yang cukup besar guna terwujudnya kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan hal ini dibutuhkan komitmen bersama antara masyarakat dan pemerintah  untuk menjaga kesehatan lingkungan sehingga apapun permaslahan kesehatan bisa diselesaikan serta pemberdayaan masyarakatnya terus tumbuh,” jelasnya.

Terkait kegiatan tersebut, Kepala Desa Nusawungu yang diwakili oleh Kadus II Sariwungu  Eka P. mengucapkan terima kasih kepada Danramil 05/Nusawungu dan Kepala UPTD Puskesmas Nusawungu I yang telah membantu dan berperan aktif dalam memberikan pembekalan/penyuluhan kepada warga masyarakat Desa Nusawungu serta mendukung program Pemerintah khususnya di bidang kesehatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pelda Turut dari Koramil 05/Nusawungu, Kepala UPTD Puskesmas Nusawungu I Joko Semedi, Ketua Tim Penyuluh Kesehatan UPTD Puskesmas Nusawungu I Warsito dan anggota serta  dari pihak Desa yang diwakili Kadus II Nusawungu Eka P. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *