World Cleanup Day, Kodim Cilacap dan Jajaran, Melakukan Aksi Sosial Gerakan Bersih-bersih dan Pilah Sampah

Cilacap – Dalam rangka Hari Bersih Se-Dunia (World Cleanup Day) , segenap anggota TNI Kodim 0703/Cilacap dan Jajarannya, melakukan aksi sosial dengan gerakan bersih bersih dan pilah sampah yang secara serentak dilakukan seluruh di wilayahnya, Sabtu (19/9/2020).

Hari Bersih-bersih Sedunia yang jatuh pada tanggal 21 September adalah aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi yang bertujuan untuk mengurangi masalah limbah padat dan sampah laut. Kegiatan ini juga secara serentak dilakukan di seluruh wilayah Indonesia.

Di wilayah Kabupaten Cilacap, aksi bersih sampah menyasar pada area perkantoran, jalan raya, pasar, tempat obyek wisata dan pusat perbelanjaan lainnya. Kegiatan tersebut melibatkan semua instansi baik dari unsur TNI, polri, Pemda, Ormas, Pelajar hingga warga masyarakat. Aksi bersih sampah ini telah dilakukan pada tanggal 14 September 2020 dan hingga saat ini terus dilakukan.

Bahkan untuk menggugah kesadaran masyarakatnya, kegiatan bersih sampah ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan lainnya seperti contohnya saat melakukan kegiatan operasi masker, para pelanggar yang tidak memakai masker, diberi sanksi untuk membersihkan sampah. Di Kecamatan Nusawungu, kegiatan aksi bersih sampah di awali dengan kegiatan senam aerobic bersama di depan Balai Desa Sikanco, di lanjutkan dengan kegiatan pembersihan dan Pilah sampah serentak di Area Pasar Desa Sikanco.

Kegiatan ini di sambut antusias oleh  semua kalangan masyarakat. Sampah yang terkumpul selanjutnya dipilah menjadi sampah organik dan sampah non organik. Nantinya sampah sampah tersebut dapat dimanfaatkan ataupun di daur ulang kembali. Namun dibalik itu semua, kegiatan ini merupakan moment yang tepat untuk membudayakan peduli kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat,” kata Danramil Nusawungu, Kapten Cba M. Isa Saefudin yang saat itu terlibat dalam kegiatan bersih sampah.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Covid-19, Ini Upaya Yang Dilakukan Babinsa Kawunganten Lor

Dia menambahkan, walaupun kegiatan dilakukan bersama masyarakat lainnya, namun ditengah pandemi Covid-19, dalam pelaksanaanya selalu mentaati sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan Covid 19. Selain agar wilayah kita bersih dari sampah, dalam pelaksanaanya kita juga tidak mengabaikan Protokol Kesehatan. Semua itu agar kita semua terhindar dari penyebaran virus corona,” tandasnya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *