Verifikasi Desa ODF, Warga Wilayah Nusawungu Ada Yang Belum Memiliki Jamban Sehat

oleh -13 views

Cilacap – Danramil 05/Nusawungu Kapten Cba M. Isa Saefudin menghadiri Verifikasi Desa ODF 8 Desa wilayah UPTD Puskesmas Nusawungu II bertempat di Pendopo Balai Desa Nusawangkal Kecamatan Nusawungu, Kamis (25/3/21).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Wantosa, S.STP., M.Si., Camat Nusawungu Agus Supriyono, S.Sos, M.Si., Danramil 05/Nusawungu Kapten Cba M. Isa Saefudin, Kapolsek Nusawungu diwakili Aiptu H.Ahmad Fauzin, SH., Tim Sanitarian dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Kepala UPTD Puskesmas Nusawungu II dr. Gilang Adiwignya Priyadi, Para Kepala Desa dan Bidan Desa se-wilayah Kerja UPTD Puskesmas Nusawungu II.

Dari hasil temuan survei masing-masing Tim Verifikasi Desa ODF se-wilayah Kerja UPTD Puskesmas Nusawungu II, para Kepala Desa sepakat untuk menyelesaikan beberapa temuan untuk membenahinya. Mereka meminta tenggang waktu antara 1 minggu, 10 hari dan 1 bulan untuk sosialisasi dan penyelesaian temuan tersebut.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap juga meminta agar seluruh Kepala Desa sesegera mungkin membenahi ataupun mensosialisasikan warganya untuk mempunyai jamban yang sehat dan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat.

“Dalam waktu yang relatif singkat ini mohon para Kepala Desa agar bekerja keras untuk mensosialisasikan kepada warganya yang ditemukan belum menggunakan jamban sehat dan sekaligus sharing atau membuat surat pernyataan kepada warga yang bersangkutan untuk merubah perilaku hidupnya,” tegas Wantosa, S.STP., M.Si.

Kepada para anggota sanitarian, dia juga menghimbau agar membantu administrasi dalam melengkapi persyaratan yang masih kurang dan selalu koordinasi dengan Pemerintah Desa masing-masing. Semoga setelah persyaratan lengkap dari 8 Desa di wilayah Kerja UPTD Puskesmas Nusawungu II dalam waktu dekat akan menjadi Desa ODF,” ujarnya.

Terima Kasih juga kepada jajaran Forkopimcam Kecamatan Nusawungu yang telah bekerja keras untuk membantu demi suksesnya pelaksanaan kegiatan ini,’ Pungkasnya. (Urip)