Upaya Cegah Corona, TNI Koramil Maos Jaga Tempat Karantina Khusus Pemudik

Cilacap – Upaya memutus penyebaran Covid-19 dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai hal, diantaranya dengan pemberlakuan pembatasan sosial, penyekatan di berbagai daerah. Namun demikian kebijakan ini tidak sepenuhnya ditaati oleh warga masyarakat, buktinya masih adanya warga yang mudik ke kampung halaman di tengah situasi pandemi.

Menyikapi hal tersebut, Tim Gugus Tugas Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap mengambil langkah preventif dengan mendirikan tempat karantina khusus bagi pemudik secara terpusat yang berlokasi di SMP N 1 Sampang.

Terkait hal itu aparat TNI dari Koramil 07 Maos, Kodim 0703 Cilacap, yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 melakukan pengamanan dan pembinaan kepada para pemudik. Seperti halnya yang dilakukan Babinsa Serma Eko Widodo saat melakukan pengamanan para pemudik di tempat karantina terpusat diwilayah tersebut, Jumat (15/5).

Selain itu TNI, sejumlah anggota kepolisian dari Polsek Sampang, Pemcam dan Linmas wilayah setempat juga turut berperan sebagai petugas pengamanan. Setidaknya sudah ada 7 orang pemudik dari luar daerah, yang sedang menjalani karantina di tempat ini.

Dalam kesempatan itu Danramil 07 Maos melalui Serma Eko menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat sampang bersama jajaran Kecamatan dan Kepala Desa yang telah berinisiatif melakukan Karantina terpusat ini sehingga dapat mengawasi dan meminimalisir penularan Covid 19 di wilayah Kecamatan sampang.

“Kami dari Koramil 07 Maos akan terus membantu Pemcam Sampang terkait menjaga sekaligus membina para pemudik. Untuk mengantisipasi penyebaran virus, semua pemudik yang dikarantina wajib mengikuti protokol kesehatan,” ucapnya.

Lebih lanjut, para pemudik harus menggunakan masker, setiap hari dan langsung buang ke tempat sampah tertutup, kemudian cuci tangan dengan benar, Konsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, upayakan ruang terpisah, jaga jarak dengan orang sehat minimal 1 meter.

“Upaya yang kita lakukan juga menghindari pemakaian bersama alat makan (piring, sendok, garpu, dan gelas). Mencuci alat makan dengan air dan sabun, menjaga kebersihan  dan gunakan cairan disinfektan, selain itu secara intensif kita adakan pengecekan  kesehatan. Diharapkan dengan upaya-upaya ini dapat memutuskan rantai penularan Covid 19 di Kecamatan sampang secara khusus dan cilacap  pada umumnya, “tandasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *