Upacara Harkitnas ke -114 Tahun 2022 “Ayo Bangkit Lebih Kuat”

Ciamis – Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P.M.I.Pol., bersama dengan segenap Unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022 di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis, Jumat(20/5/2022).

Bertindak selaku Inspektur Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan untuk Komandan upacara dijabat oleh Ipda Ari Pranodia, Perwira Upacara  Amin Mabruri, Pembaca UUD 1945 Ipda Sabdo, Pengibar Bendera Merah Putih Paskibraka Kabupaten Ciamis serta diikuti oleh 300 orang peserta.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Jhonny G. Plate yang dibacakan oleh Inspektur upacara menyampaikan, pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 114 tahun 2022 diantaranya, seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Pada tanggal 20 Mei 1948, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia. Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Sehingga, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

Tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang tercetus dalam kongres pertamanya ialah untuk menjamin kehidupan sebagai bangsa yang terhormat dengan fokus pergerakan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia. Kelahiran Boedi Oetomo memelopori terciptanya organisasi pergerakan di masa selanjutnya seperti Indische Partij, Perhimpunan Indonesia dan Muhammadiyah.

Kiranya, semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa.

Pada sisi penanganan Covid-19 di tingkat nasional, kita dapat melihat bahwa upaya kita kian menunjukkan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian di bawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada di bawah angka 5.000 kasus (Data per 13 Mei 2022). Selain itu, capaian vaksinasi Covid-19 dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Mari terus kita bekerja keras dan bersinergi menjaga, mempertahankan dan meningkatkan perekonomian nasional Indonesia.

Mengutip ucapan Dr. Sutomo Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga. Kebangkitan nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia. Dari Indonesia, Dunia pulih bersama. “Ayo Bangkit Lebih Kuat”

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan upacara tersebut, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra,  Ketua DPRD Kab. Ciamis Nanang Permana, Sekda Kab. Ciamis H Tatang, Dandim 0613/Cms Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P.M.I.Pol.,Wakapolres Ciamis Kompol Apri Rahman serta Para SKPD Kab. Ciamis.

(Pendim)