TNI Koramil Adipala Hadiri Tradisi Sadranan di Desa Adiraja

oleh -80 views

Cilacap – Ada istilah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, hal itulah yang dilakukan anggota TNI Koramil 08 Adipala yang turut melestarikan tradisi budaya daerah di wilayah binaanya.

Yaitu dengan menghadiri acara Sadranan (Selamatan Bulan Sadran) tahun 2021 yang diselenggarakan Lembaga Adat Desa (LAD ) Desa Adiraja bertempat di Komplek Pasemuan Desa Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jumat (2/4).

Tampak hadir, Camat Adipala Drs Teguh prastowo M Si, Kasi trantib Kec. Adipala Heri setyoadi, Babinsa Adireja Sertu Purwoko, Bhabinkamtibmas Polsek adipala Brigadir Gunawan, Kades Adiraja Sugiartono, beserta perangkat desa adiraja, serta warga Desa Adiraja dan sekitarnya.

Dalam kesempatan itu, Babinsa Sertu Purwoko menuturkan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upacara selamatan nyadran atau kenduri. Selain itu tradisi ini dilakukan sebagai bentuk atau wujud rasa syukur dipersembahkan kepada Tuhan Yang Esa yang selama ini telah memberikan atau melimpahkan rizkinya kepada kita semua rizki sehat dan keselamatan berkah segala usaha yang lancar dan hidup tenteram dan damai.

“Tradisi yang hingga saat ini masih berlangsung di masyarakat pedesaan, juga terkait dalam menyambut datangnya bulan ramadhan. Ini mempunyai makna simbolis hubungan diri orang jawa dengan para leluhur, dengan sesama dan dengan Tuhan YME,” tuturnya.

Menurutnya, kegiatan yang terkait tradisi daerah dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi sosial (komsos) dengan tokoh adat maupun tokoh agama dan seluruh warga binaan.

“Melalui acara selamatan Sadranan kita mempererat silaturahmi dan kedekatan TNI dengan masyarakat, untuk bersama sama menjunjung dan melestarikan budaya bangsa untuk mewujudkan nilai nilai kesatuan dan persatuan, sehingga tercipta suasana yang kondusif, ” tandasnya.Oke