TNI Bersama BPBD dan Warga, Perbaiki Rumah Terdampak Bencana Alam di Patimuan

Cilacap – Pohon tumbang yang menimpa rumah Iwan (62) warga Dusun Kalenpring RT 06 RW 14  Desa Patimuan dan rumah Muhamad Musalam (49) warga Dusun Kedungsalam RT 05 RW 05 Desa Sidamukti, akhirnya disingkirkan, Kamis (3/2/22).

Aparat TNI dari Koramil 12/Kedungreja, bersama BPBD Sidareja dan warga masyarakat setempat berjibaku memotong dan menarik batang dan ranting pohon yang menimpa rumah warganya. Beberapa puing atau atap rumah yang runtuh juga mulai dibersihkan termasuk gotong royong perbaikan atap rumah.

Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Tasino mengatakan, kegiatan kerja bakti yang melibatkan anggotanya ini, dilakukan pasca terjadinya bencana alam yaitu tumbangnya pohon dan menimpa rumah warga. Dengan diturunkannya para Babinsanya, diharapkan dapat membantu warga terdampak dan menggugah empati masyarakat.

” Saat ini kita menurunkan para Babinsa Koramil Kedungreja untuk terjun kelapangan dan membantu warga terdampak, harapannya pohon tumbang yang menimpa rumah warga segera terangkat dan segera bisa dilakukan perbaikan,” kata Danramil Kapten Inf Tasino.

Sambil menunggu bantuan dari BPBD, untuk rumah yang rusak saat ini dibongkar, sedangkan barang yang bisa dipakai lagi dibersihkan dan ditata untuk meringankan beban keluarga terdampak. Kedua rumah warga terdampak ini saat ini dalam tahap pengajuan dari BPBD Kabupaten Cilacap.

Dalam kegiatan itu, para Babinsa juga memberikan arahan atau himbauan kepada warga melalui Pemerintah Desa Sidamukti dan Desa Patimuan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana ataupun perkembangan cuaca yang cukup ekstrim saat ini.

Babinsa juga menyarankan kepada masyarakat agar menebang pohon-pohon tinggi di sekitar rumah yang dirasa membahayakan sehingga tidak terjadi kejadian serupa. (Urip)