Tingkatkan Peran Linmas, Pemdes Slarang Gandeng TNI Bina Anggota Linmasnya

Cilacap – Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan dan peran anggota Linmas (Pelindung Masyarakat) di wilayahnya, Aparat Pemerintah Desa Slarang menggandeng anggota TNI dari Koramil 06/Kesugihan yaitu Bati Tuud Pelda Turmadi dan Babinsa Serka Suharto, untuk memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan pelatihan PBB. Dalam kegiatannya dilaksanakan di Area Kantor Balai Desa Slarang Kecamatan Kesugihan, Senin (3/8/20).

Dalam sambutannya, Kepala Desa Slarang Marmin menyebut sengaja mengundang anggota TNI dari Koramil 06/Kesugihan untuk memberikan pengarahan sekaligus pembinaan pelatihan, pembekalan materi, sehingga anggota Linmas nantinya akan lebih baik, disiplin dan semangat.

” Anggota Linmas walapun tak bergaji harus tetap semangat dan mempunyai kebanggaan dalam melaksanakan tugasnya. Dengan adanya pembekalan ini diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat desanya, ” jelasnya.

Ditempat yang sama, Bati Tuud Koramil 06/Kesugihan Pelda Turmadi juga menjelaskan bahwa anggota Linmas merupakan rekan Babinsa di lapangan. Mereka mempunyai tugas dan fungsi yang hampir sama dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan desanya. Linmas sebagai ujung tombak desa harus mengetahui dan melaporkan berbagi permasalahan yang ada di masyarakat.

” Untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung Linmas. Bekerja sama lah yang baik, infokan kepada Babinsa setiap ada permaslahan atau hal yang menonjol yang terjadi di desa,” Jelasnya.

Selain itu, menurut Pelda Turmadi, Linmas juga harus mempunyai jiwa keteladanan untuk memberikan contoh yang baik serta berbuat yang terbaik demi pengabdian sebagai pelindung masyarakat. Melalui pelatihan ini dia berharap satuan linmas Desa Slarang akan semakin mantap dan menjadi lebih baik dalam menjalankan tugas tanggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan. (Urip)

Baca Juga  Danramil 07/Adiwerna Hadiri Musyawarah Desa Dalam Penyusunan RPJM Desa Tembok Kidul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *