Tingkatkan Kemampuan Babinsa Dimasa Pandemi, Kodim 0701/Banyumas Selenggarakan Latnister TA. 2021

oleh -49 views

Banyumas – Pembinaan Teritorial merupakan bagian dari tugas yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam rangka tercapainya tugas pokok TNI-AD khususnya Babinsa. Pembinaan dan pengamalan sikap teritorial dilaksanakan melalui penghayatan serta pengamalan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dengan seluruh lapisan masyarakat, itu merupakan landasan bagi prajurit dalam berfikir serta berbuat dimanapun berada.

Menyikapi hal tersebut, Kodim 0701/Banyumas melaksanakan latihan teknis teritorial tahun anggaran 2021 untuk meningkatkan kemampuan Babinsa dalam melaksanakan tugas pokoknya di aula Jenderal Soedirman Kodim 0701/Banyumas Kelurahan Kedungwuluh Kecamatan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Kamis (18/03/2021).

Latihan teknis teritorial tahun 2021 Kodim 0701/Banyumas dimulai senin sampai jum’at (15 s/d 19 Maret 2021) yang dihadiri oleh Pasi Ops Korem Mayor Inf Hendro Gunawan S.Pd., M.A.P sebagai Dalwaslat (Pengendali dan Pengawas Latihan) serta sebagai penanggung jawab latihan Pasi Ops Kodim 0701/Banyumas Lettu Inf Nurkholis dan dihadiri oleh Babinsa jajaran Kodim 0701/Banyumas dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Secara terpisah Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol., menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut guna mewujudkan sikap dan kepribadian prajurit TNI-AD pada umumnya dan khususnya Kodim 0701/Banyumas agar selalu berpedoman dengan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI pada pelaksanaan tugas di wilayah.

Sasaran dalam kegiatan ini agar terwujudnya mental, disiplin dan semangat prajurit yang tangguh serta profesional sesuai dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara nasional. Sikap teritorial sebagai sarana dalam meningkatkan kebersamaan dan keeratan hubungan Babinsa dengan masyarakat, sehingga terwujud kemanunggalan TNI dan rakyat guna kepentingan pertahanan Negara. Tambah Dandim.

Ada beberapa sikap teritorial yang dapat dipedomani oleh seluruh prajurit yaitu sikap mengayomi yang berarti dapat memberikan perlindungan, sikap kebersamaan berarti bisa berbaur dengan masyarakat, sikap musyawarah berarti bisa mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan masalah di wilayah, sikap gotong royong yang berarti selalu ikut serta dalam kegiatan masyarakat untuk kepentingan umum dan sikap manfaat berarti kehadirannya dapat bermanfaat bagi masyarakat. Terang Dandim.

Dandim berpesan kepada seluruh peserta agar mendengarkan dan melaksanakan apa yang di sampaikan oleh pengisi materi sehingga bisa menjadi penyemangat dalam menghadapi pandemic covid-19, serta terus-menerus ingatkan ke masyarakat tentang wabah covid-19, selalu konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan dengan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas), semoga dengan adanya Latnister tahun 2021, Kodim 0701/Banyumas ini bisa lebih optimal serta over prestasi dalam bekerja untuk satuan dan masyarakat. Pungkas Dandim.