Tim UPT Puskesmas Kroya 1 Sosialisasikan Vaksinasi Kepada Para Lansia

oleh -71 views

Cilacap – Dukung program vaksinasi nasional, Babinsa Mergawati, Koramil 03 Kroya Sertu Darto Widodo menghadiri acara sosialisasi vaksinasi Covid 19 khusus untuk lansia yang diselenggarakan oleh Tim UPT Puskesmas Kroya 1 dengan sasaran para lansia diwilayah tersebut, kegiatan bertempat di Balai Desa Mergawati, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Sabtu (6/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan Puskesmas Kroya 1 dr. Pryma Astyca Dewi beserta Tim Sosialisasi Vaksinasi, Kepala Desa Mergawati Agus Ruswandi beserta para perangkat, Babinsa Sertu Darto Widodo, Bhabinkamtibmas Bripka Sutarman, Bidan desa Nurhaeni, Ketua BPD Bagus beserta tokoh masyarakat dan peserta sosialisasi yang berjumlah 19 orang.

Dalam kesempatan itu dr. Pryma Astyca Dewi menjelaskan bahwa program vaksinasi nasional sudah dilakukan pemerintah sebagai wujud komitmen dalam melawan penyebaran pandemi Covid 19. Vaksinasi sendiri sudah dilakukan dalam berapa tahap yaitu tahap pertama untuk para tenaga kesehatan (nakes) dan para tokoh masyarakat.

“Untuk vaksinasi tahap dua, dilakukan penyuntikan untuk para unsur pelayan publik, pegawai pemerintah, unsur keamanan (TNI Polri dan Satpol PP), tenaga pendidik, dan lainya termasuk di dalamnya yang diprioritaskan yaitu para Lansia,” jelasnya.

Adapun untuk wilayah Desa Mergosari, vaksinasi kepada para lansia ini rencananya akan di laksanakan hari senin, selasa tanggal 8 dan 9 Maret 2021 bertempat di Puskesmas Kroya I.

“Kami menegaskan bahwa vaksinasi ini aman dan halal, namun demikian sebelum dilakukan suntik vaksin ada tahapan pemeriksaan yang harus dijalani, mulai dari pengisian formulir, pengecekan kesehartan awal, screening untuk memastikan kesiapan sebelum divaksin. Apabila ada kendala seperti penyakit bawaan, sesuai prosedur kami tidak memungkinkan untuk vaksin, ” tegasnya.

Babinsa Mergawati Sertu Darto Widodo yang sebelumnya sudah melaksanakan vaksinasi khusus TNI tahap I mengungkapkan bahwa suntik vaksin tidaklah menakutkan seperti yang dikhawatirkan segelintir orang.

“Kami meyakinkan vaksin tidak berbahaya, aman dan halal. Saya sendiri sudah menjalaninya, jadi jangan khawatir, percayakan kepada tenaga kesehatan atau vaksinator yang sudah berkompeten di bidangnya. Mari kita bersama-sama dukung program vaksinasi ini,” ungkapnya.

R03oke