Tim Kajida Setjen Wantanas Kunjungi PT Pertamina RU IV Cilacap

CILACAP.NEWSCilacap – Tim Kajian Daerah (Kajida) Sekertaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantanas) dibawah pimpinan Kolonel Inf. Jajah Subarja  mengunjungi PT Pertamina RU IV Cilacap di Jln. MT Haryono No. 77 Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah, Rabu (21/8).


Kedatangannya didampingi Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana,. S.Sos. MM., Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) dan sejumlah perwakilan dari Pemda Cilacao. Kunjungannya ke PT Pertamina RU IV Cilacap disambut GM Pertamina 
Mahendrata Sudibja dan sejumlah petinggi Pertamina lainnya. Kunjungannya tersebut untuk meninjau Kilang dan diskusi dengan Managemen Pertamina mengenai pengolahan limbah B3 dan pelestarian lingkungan hidup. 


GM Pertamina Mahendrata Sudibja dalam paparannya menjelaskan bahwa didalam operasionalnya, PT Pertamina didalam mengolah Sumber Daya Alam sangat memperhatikan aspek-aspek pengolahan efek samping sumber daya alam termasuk didalamnya masalah limbah. Menurutnya, keselamatan, kesehatan dan lingkungan adalah utama bagi PT Pertamina RU IV Cilacap. 


Terkait dengan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat, pihaknya telah melaksanakan beberapa program diantaranya penamaman pohon mangrov kurang lebih 600 juta pohon. Tidak hanya menanam, dari tanaman buahnya kini bisa diolah menjadi makanan, bahan olah batik, kemandirian Posyandu dan juga pelatihan dengan Pemda apabila terjadi tsunami. 


Setjen Wantanas melalui Kolonel Inf. Jajah Subarja mengemukakan bahwa maksud dan tujuan datang ke Cilacap ini untuk melaksanakan suatu kajian atau mencari info bagaimana kondisi Pertamina, bagaimana pengolahan limbah B3, informasi Pertamina saat ini dan bagaimana Pertamina kedepan. 


Dia berharap produk dan hasil kerja pertamina samakin tahun semakin meningkat dan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. : “Mudah-mudahan apa yang saya dapat akan kami kaji, akan kami jadikan surat suprise kepada Ketua Wantamas dalam rangka bagaimana mengambil keputusan untuk meningkatkan Pertamina agar berguna untuk kita semua termasuk tidak ada dampak-dampak ke lingkungan yang tidak baik, “Pungkasnya. 


Selain berdiskusi, Tim Kajida Kedeputian Sistem Nasional sesuai kapasitasnya sebagai Sekretaris Jenderal Ketahanan Nasional membawa mandat dari Presiden RI untuk menyampaikan paparan tentang Inpres No.7 tahun 2018 tentang paradigma baru aksi nasional bela negara dan modul utama pembinaan bela negara.


Dalam kesempatan itu Ketua Tim Kajida Kolonel Inf. Jajah Subarja menyerahkan sejumlah buku tentang bela negara dan pemberian cinderamata yang diterima langsung GM Pertamina RU IV Cilacap disaksikan seluruh undangan yang hadir. Selanjutnya Tim Kajida bersama GM Pertamina mininjau kilang yang berada di PT Pertamina untuk mengecek limbah industri yang dihasilkan dari pengolahan Sumber Daya Alam oleh PT Pertamina Cilacap.  CN.0001_Urip/Elthree
Baca Juga  Babinsa Ayamalas Dampingi Bidan Desa Dalam Kegiatan Posyandu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *