Tanggul Sungai Cileumeuh Jebol Lagi, Babinsa dan Warga Desa Cilopadang Lakukan Karya Bhakti

oleh -24 views

Cilacap- Babinsa Cilopadang, Koramil 13 Majenang Sertu Darsono bersama masyarakat Dusun Benda, Desa Cilopadang dan sekitarnya yang berjumlah 65 orang melaksanakan Karya Bhakti pembendungan tanggul Sungai Cileumeuh yang berlokasi di Dusun Benda tepatnya di belakang rumah Ketua RT. 03/RW. 11 Supriyanto yang jebol akibat tidak mampu menampung debit air yang sangat besar, Minggu(20/12).

Hal ini tak terlepas dari tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah tersebut, dampaknya mengakibatkan banjir di sebagian wilayah Desa Cilopadang Kecamatan Majenang dan sebagian imbasnya ke wilayah lain seperti Desa Padangjaya dan Desa Mulyasari Kecamatan Majenang.

Karya Bhakti dipimpin langsung oleh Kepala Desa Cilopadang Warso Al Suwondo didampingi Babinsa Sertu Darsono. Kegiatan diawali dengan apel pengecekan warga per RT dan pembagian tugasnya, Masyarakat Dusun Benda terus membaur menjadi satu, bahu membahu, bergotong royong memperbaiki tanggul tersebut.

Dalam kesempatan itu, Sertu Darsono menjelaskan untuk membendung tanggul dibutuhkan karung sebagai media yang efektif untuk memperbaiki tanggul.

” Kami mengisikan pasir kedalam karung yang berjumlah 450 karung yang terisi tanah pasir selanjutnya diusung dan disusun ditanggul yang jebol dengan menggunakan angkong ataupun dipanggul,” jelasnya.

Dengan penuh semangat, semua bekerja keras, agar tanggul yang jebol dapat segera tertutup kembali  para sukarelawan juga banyak yang mengirimkan berupa makanan , snack dan minuman.

“Pekerjaan penutupan tanggul sebelumnya sudah pernah dilakukan namun di hantam banjir kembali sehingga tanggul dan isi karung tersebut berantakan lari kemana mana jadi mulai sekarang masyarakat dengan target tanggul kembali tertutup rapat dengan ketinggian sama dengan kondisi sebelum jebol,” tambahnya.

Semua warga masyarakat Dusun Benda berharap agar hujan dapat segera berhenti atau kalaupun hujan tidak begitu deras sehingga warga tidak khawatir dengan adanya ancaman banjir susulan.

“Harapannya warga dusun benda saat ini setelah di adakan penanggulan kembali sedikitnya sudah tenang tidak kwatir lagi apabila terjadi hujan yang intensitas tinggi dan sungai cileumeuh meluap lagi,” pungkasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *