Tanggul Sungai Cibeureum Jebol, TNI Koramil Wanareja Bantu Atasi Ini

oleh -103 views

Cilacap-Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Wanareja dalam beberapa hari ini telah membuat debit air semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan tanggul sungai Cibeureum, yang berlokasi di Dusun Gayamsari, Desa Purwasari jebol karena tak mampu menahan tekanan air.

Terkait hal itu, Anggota TNI Koramil 16 Wanareja Serma Paimun bersama warga masyarakat dan unsur terkait yang ada di wilayah itu guna melakukan karya bakti memperbaiki (membendung kembali) sisi tanggul yang jebol tersebut, Sabtu (21/11).

Turut hadir dalam kegiatan, petugas dari UPTD Wanareja, Babinkamtibmas, Satpol PP, unsur Pemerintah Desa Purwasari, ormas Banser dan gabungan warga masyarakat yang berasal dari Dusun Mulyasari dan Dusun Gayamsari.

Babinsa Serma Paimun menjelaskan secara teknis proses perbaikan tanggul dilakukan dengan menyusun kantong karung yang mana didalamnya diisi tanah, dengan memanfaatkan material yang ada disekitar tempat tersebut.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada dinas BBWS Citanduy, yang mana telah peduli dengan kondisi kesulitan warga saat ini, denga memberikan 700 buah kantong karung untuk membendung kerusakan sisi tanggul sungai Cibeureum,” jelasnya.

Agar pekerjaan ini lebih efektif dan tepat sasaran maka karya bakti solusinya, dimana semua komponen turun tangan untuk bahu-membahu mengatasi kerusakan tanggul Sungai Cibeureum ini, sehingga akan lebih cepat selesai.

Seperti diketahui, Sungai Cubeureum merupakan sarana irigasi yang sangat penting untuk pengairan dan sangat dibutuhkan para petani di wilayah tersebut. Selain itu dengan jebolnya sisi tanggul akan berpotensi menimbulkan kerusakan lahan pertanian milik warga setempat, jadi harus segera diperbaiki secepatnya.

“Untuk sementara, kita memanfaatkan kantong karung yang ada untuk membendung tanggul, apabila nantinya ada kekurangan kita ajukan lagi kepada pihak dinas BBWS Citanduy. Saya yakin mereka akan mendukung dan membantu kita. Disamping itu kita juga melaksanakan siaga dan monitoring perkembangan untuk kegiatan selanjutnya, ” tandasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *