Tagana Etape Jawa Tengah Gelar Bhakti Sosial Tingkat Nasional di Pesisir Nusawungu

oleh -78 views

Cilacap- Bati Tuud Koramil 05 Nusawungu Pelda Turut mewakili Komandan menghadiri kegiatan Bhakti Sosial Tingkat Nasional yang digelar Taruna Siaga Bencana (Tagana) Etape Jawa Tengah dalam rangka memperingati HUT Tagana ke-17 Tahun 2021, yang dilaksanakan di wilayah Nusawungu, tepatnya di area TPI Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Senin (22/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasubid Kesiapsiagaan Bencana Kemensos Iyan, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Propinsi Jateng Sarjimo, Kepala Dinas Sosial Kab. Cilacap Taryo, S.Sos, Camat Nusawungu yang diwakili Kasi Trantibum H.Trasripin S.Sos, Danramil 05/Nusawungu diwakili Pelda Turut, Kapolsek Nusawungu diwakili Aipda Suwaryo, Kepala Desa Jetis H. Muharno SE, dan para Relawan Tagana yang berjumlah sekitar 60 orang.

Dalam kesempatan itu, Pelda Turut menuturkan rangkaian kegiatan peringatan Tagana dilaksanakan bhakti sosial berupa penanaman pohon mangrove di bantaran Sungai Bodo Nusawungu.

” Adapun kegiatan mitigasi dalam rangka penanaman mangrove di Pesisir Pantai Selatan Jawa yang dilaksanakan secara bertahap, yang dikerjakan oleh Tagana bersama organisasi masyarakat dan relawan yang ada di wilayah kecamatan Nusawungu,” tuturnya.

Pada puncak pelaksanaan peringatan HUT Tagana ke-17 ditandai dengan Apel Bersama dan penanaman Mangrove di TPI Jetis secara simbolis yang dilaksanakan oleh para tamu undangan yang hadir.

Menanggapi kegiatan Bhakti Sosial oleh Tagana, Pelda Turut menyambut baik upaya Tagana dalam membantu menciptakan mitigasi bencana di pesisir selatan wilayah Nusawungu.

“Pemilihan pohon mangrove sangat cocok untuk mitigasi, selain pohonya kuat yang mampu meredam bencana tsunami. Keberadaan pohon mangrove dapat menjaga ekosistem alam, dimana pohon mangrove menjadi tempat berkembangbiak berbagai jenis biota diwilayah tersebut,” tandasnya. Oke