Sosialisasi Genta Emas Tingkat Kabupaten Cilacap di Lokasi TMMD

Cilacap – Kegiatan Non Fisik program TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0703/Cilacap melaksanakan Sosialisasi Genta Emas Tingkat Kabupaten Cilacap, bertempat di Pendopo Balai Desa Bulusari, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Senin (27/05/2024).

Sekdes Bulusari dalam sambutannya menyampaikan, ucapan selamat datang kepada narasumber dan peserta sosialisasi Genta Emas, bahwa kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan pemahaman bagi masyarakat, sehingga diharapkan elemen masyarakat dapat melaksanakan tugas yang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Wawan Martono

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka pemenuhan kegiatan Program TMMD Sengkuyung Tahap ll Kodim 0703/Cilacap di Desa Bulusari Kecamatan Gandrungmangu.

Selaku Narasumber, Titi Sugiarti mewakili Kepala Dinas Kesbangpol mengawali sambutannya menjelaskan terkait Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) adalah segala usaha, tindakan, dan kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memberikan pengetahuan, pendidikan, dan/atau pelatihan kepada Warga Negara guna menumbuhkembangkan sikap dan perilaku serta menanamkan nilai dasar Bela Negara.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan membangun sikap dan perilaku serta karakter setiap warga Negara Indonesia yang cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta nantinya memiliki kemampuan awal Bela Negara yang baik.

Kemudian Pencegahan Anti Narkoba yang disampaikan oleh Kantor BNN Cilacap, bahwa memandang pentingnya dalam upaya memitigasi dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, dan permasalahan penyalahgunaan narkoba adalah isu serius yang mengharuskan seluruh elemen masyarakat termasuk lembaga terkait untuk bersama-sama mengambil tindakan pencegahan.

“Tantangan penyalahgunaan narkoba tidak memandang usia, latar belakang, atau status sosial, perlu memahami betapa berbahayanya ancaman narkoba dan masih menjadi salah satu penyebab dalam lingkungan kita, ini yang mesti menjadi tanggung jawab kita bersama,” papar Raras Amboro Retno.

Pihaknya juga menjelaskan dampak negatif terhadap pengguna Narkoba serta kemungkinan buruk terhadap pengguna.

Sambutan penutup oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Cilacap, menurutnya bahwa kegiatan diselenggarakan untuk bertukar pikiran, berbagi pengalaman serta menyikapi berbagai permasalahan di masyarakat.

Dengan demikian kita selaku kader penggerak untuk bisa hadir di tengah tengah masyarakat melihat permasalahan yang komplek di lingkungan kita masing -masing serta turut andil meminimalisir mencegah juga mensosialisasikan hal- hal positif dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, dengan demikian bisa terbentuk keluarga masyarakat yang bebas terhindar dari hal-hal yang akan merugikan diri kita maupun orang lain dan tak kalah pentingnya untuk menerapkan pola hidup sehat guna ketahanan keluarga.

“Tentunya apa yang didapat dari hasil sosialisasi ini bisa ditindaklanjuti, disosialisasikan juga diterapkan,” tutup Ny. Fitri Awaluddin Muuri.

Kegiatan di akhiri ramah tamah dan foto bersama, dan ditutup dengan do’a.

(Sugeng S)