Sigap, Koramil Karanganyar Atasi Tanggul Jebol

 

Cilacap News, Kebumen – Sejumlah personel Babinsa Koramil 04/Karanganyar dipimpin langsung Serma Sularso melaksanakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat memperbaiki kerusakan tanggul yang jebol akibat tidak mampu menahan luapan air Kali Abang yang berada di wilayah Desa Wonorejo, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen, Selasa (11/02/20).

Keterlibatan perbaikan jebolnya tanggul di Desa Wonorejo bukan saja mendapat perhatian pihak Koramil 04/Karanganyar dan masyarakat Desa Wonorejo saja, namun sejumlah personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kebumen juga tampak terjun ke lokasi bergabung bersama warga dan anggota Koramil, mereka saling bahu membahu ikut peduli melaksanakan karya bakti perbaikan tanggul yang jebol itu.

Peristiwa jebolnya tanggul itu, menurut Kepala Desa setempat, berawal dari tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Karanganyar pada hari Minggu sekitar pukul 13.00 Wib yang mengakibatkan saluran Kali Abang meluap, sehingga tanggul tidak lagi mampu menahan debit air yang meluap, akibatnya areal sawah di kanan kiri aliran sungai sempat terkena dampaknya, beruntung kesigapan anggota Koramil dibantu warga setempat sehingga tidak menimbulkan kerusakan parah pada tanaman padi.

Menyikapi kejadian tersebut, Batituud Koramil 04/Karanganyar Serma Sularso bersama anggota Koramil 04/Karanganyar, Tagana dan warga masyarakat setempat menggelar karya bakti dengan harapan agar tanggul yang hancur dihantam air segera teratasi. Penanganan darurat ini dilakukan dengan memasang karung berisi tanah dan pemasangan patok-patok dengan menggunakan bambu.

Disela kesibukanya Serma Sularso mengatakan, “bersama personel Tagana dan masyarakat berupaya membuat tanggul darurat, sebagai antisipasi apabila hujan turun lebat menimpa wilayah Karanganyar guna menghindari kerugian yang lebih besar. Diharapkan dengan pembuatan tanggul sementara ini bisa menahan aliran sungai Kali Abang yang masuk ke areal persawahan warga. Sehingga warga tidak cemas dan khawatir akan kerusakan tanaman padi yang baru berumur dua minggu,” katanya.
Kades Wonorejo Oyong Tri Saputro mengucapkan, “Terima kasih kepada Koramil serta Tagana dan warga desa yang sudah memperbaiki kerusakan tanggul tersebut melalui kegiatan yang mulia yakni karya bakti. Hari ini kondisi tanggul sudah normal kembali meski bersifat sementara, saya berharap pihak Pemkab akan menindak lanjuti hal ini untuk dibuatkan tanggul yang kuat dan permanen, kami warga dan Koramil siap dengan tenaga dan kemampuan yang ada untuk membantunya,” ungkap Kades Oyong. (Sty)

Baca Juga  Pasipers : Peringatan HUT PERIP Sebagai Motivasi Anggota Dalam Melanjutkan Misi Organisasi

Sumber : Pendim Kebumen
Edit        : Sutaryo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *