Selepas Penanaman Pohon, KAIPKA Ujung Kulon Kunjungi Markas Kodim 0703/Cilacap

oleh -55 views

Cilacap – Selepas melakukan penanaman 600 pohon Butun di pesisir pantai selatan tepatnya di pantai Bunton, Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Komunitas Aktifis Insan Peduli Konservasi Alam (KAIPKA) Ujung Kulon yang diketuai Ramli Idris kunjungi Markas Kodim 0703/Cilacap, di Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Jumat (22/1/21).

Kedatangannya disambut langsung Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, SIP di ruang kerjanya. Kedatangannya ke wilayah Kabupaten Cilacap atas restu dari Kepala BNPB RI Doni Monardo dalam rangka mitigasi tanaman pantai yang mampu menahan potensi bencana alam (Tsunami). Kegiatan tersebut telah dilakukan bersama Kodim 0703 Cilacap, BPBD Kabupaten Cilacap dan Aparat Terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim mengungkapkan apresiasi kepada Komunitas Aktifis Insan Peduli Konservasi Alam (KAIPKA) Ujung Kulon yang telah menghijaukan wilayahnya. Dia berharap, kerjasama yang baik ini akan terus dilakukan sehingga pantai di sepanjang pesisir pulau jawa khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap tertanami pohon butun yang dinilai mampu menahan gempuran ombak sehingga meminimalisir dampak terjadinya bencana alam.

” Tentu hal ini sangat baik bagi lingkungan dan kelestarian alam. Kita berharap, kerjasama yang baik ini mampu memberikan dampak yang baik pula kepada masyarakat sekitarnya karena kita tahu, di beberapa wilayah, telah terjadi bencana alam yang dampaknya sangat dirasakan oleh masyarakat. Semoga program penghijuan ini dapat meminimalisir dampak bencana alam,” ungkapnya.

Ketua KAIPKA Ujung Kulon Ramli Idris juga mengungkapkan kegembiraannya bisa menanam pohon butun di wilayah Kabupaten Cilacap karena menurutnya, salah satu wilayah pantai di sepanjang pesisir pulau Jawa ini rentan terhadap terjadinya bencana alam sehingga dengan ditanami pohon butun ini dapat memecah ombak sehingga mengurangi dampak bencana alam.

“Kami tentu merasa senang karena bisa ikut serta menanam ribuan pohon di pesisir pantai di wilayah Kabupaten Cilacap. Tidak hanya hari ini, namun kegiatan ini akan terus berlanjut untuk menjaga kelestarian alam. Salam Konserfasi, lestari alamku,” ungkapnya.

Diakhir kunjungannya, Komunitas Aktifis Insan Peduli Konservasi Alam (KAIPKA) Ujung Kulon berkesempatan melakukan foto bersama dihalaman Markas Kodim 0703/Cilacap bersama Dandim danĀ  Perwira Stafnya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *