Sejumlah Desa di Wilayah Kecamatan Nusawungu Salurkan BLT DD Tahap I

oleh -76 views

Cilacap – Sejumlah desa yang berada di wilayah Kecamatan Nusawungu sudah mulai menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I untuk alokasi bulan januari tahun 2021.

Terkait hal tersebut, Babinsa Koramil 05 Nusawungu melaksanakan pendampingan guna memantau penyaluran BLT DD di wilayah binaanya masing-masing. Selain itu, kegiatan juga melibatkan unsur Pemerintah Desa, para Kepala Dusun, Bhabinkamtibmas Polsek Nusawungu,Tim monitoring Kecamatan dan dihadiri perwakilan Dispermades Kabupaten Cilacap, Jumat (12/3).

Saat dikonfirmasi via WhatsApp, Danramil 05 Nusawungu Kapten Cba M. Isa Saefudin yang sedang menghadiri Rakor PPKM Mikro membenarkan pengerahan anggotanya dalam kegiatan pendampingan pemberian bantuan tersebut.

“Dari data yang kami himpun, ada beberapa desa yang saat ini melaksanakan penyaluran bantuan BLT DD diantaranya Desa Karang Pakis, Desa Purwodadi, Desa Kedungbenda, Desa Nusawangkal, dan Desa Danasri Lor. Adapun jumlah penerima sebanyak 196 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah bantuan sebesar Rp. 300.000,-, yang disalurkan di balai desa setempat,” jelasnya.

Menurut Danramil, kegiatan pendampingan penyaluran bantuan BLT DD, sudah sering dilakukan para Babinsa bersinergi dengan petugas lainya diwilayah binaan.

“Adapun tujuan pendampingan untuk memastikan proses penyaluran bantuan mematuhi protokol kesehatan. Untuk itu mekanisme kegiatan diatur sedemikian rupa untuk menghindari kerumunan. Selain itu penerima wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk tempat kegiatan (balai desa),” ujarnya.

Lebih lanjut, dengan pendampingan akan terjalin kedekatan dan tanggung jawab selaku babinsa dalam memberikan rasa aman dan nyaman terhadap para penerima bantuan, sebagai bentuk kedekatan TNI dengan warga masarakat sehingga terjalin hubungan yang harmonis.

“Harapan kami dengan adanya bantuan BLT DD ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk meringankan beban hidup masyarakat kurang mampu yang selama ini terdampak pandemi,” tandasnya. oke