Satgas Covid Cilut Monitoring Pemakaman Warga Kebonmanis

oleh -59 views

Cilacap – Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Kecamatan Cilacap Utara (Cilut) melaksanakan monitoring prosesi pemakaman salah seorang warga Kelurahan Kebonmanis, bertempat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sabuk Janur, Kelurahan Kebonmanis, Kecamatan Cilacap Utara, Kabuaten Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (17/2).

Hadir dalam kegiatan, Sekcam Cilacap Utara Minggu Rosadi, Batituud Koramil 18 Cilut Pelda Suranto, Kanit Intel Polsek Cilacap Utara Aiptu Yoga, Kasi Trantibum Cilacap Utara Wahyu Indarto, S.Sos, Lurah Kebonmanis Sukardi,SP, MM, Kayim Kelurahan Kebonmsnis Kadiwan, Tim medis dari Puskesmas Cilacap Utara I, Relawan Makam Sabuk Janur, tenaga kesehatan dari RSI Fatimah Cilacap serta perwakilan pihak keluarga dan kerabat almarhum.

Dari lokasi, Bati Tuud Pelda Suranto menuturkan terkait kegiatan monitoring yang dilakukan dirinya bersama Satgas Covid Kecamatan Cilacap Utara, bahwa telah meninggal dunia warga Kelurahan Kebonmanis, NJ (47) yang berstatus belum nikah diketahui telah meninggal dunia pada Selasa, 16 Februari 2021 di Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah Cilacap.

“Adapun kronologi kejadian, NJ diketahui masuk IGD RSI Fatimah Cilacap hari Selasa 16 Pebruari 2021 pukul 17.15 WIB dengan keluhan penurunan kesadaran hipoglikemi, sesak nafas, desaturasi dan kejang. Yang bersangkutan masuk ruang isolasi ruang Al Araaf hari pukul 17.20 WIB dengan status Suspec swab post mortem sudah dilakukan dan hasil belum keluar, dan pada akhirnya meninggal di hari yang sama pukul 17.23 WIB,” tuturnya.

Sesuai SOP yang ditetapkan, jenazah NJ di jenazah diberangkatkan dari RSI Fatimah Cilacap pada pukul 08.30 WIB dan sampai di TPU Sabuk Janur pukul 08.40 WIB guna dimakamkan sesuai protokol kesehatan oleh petugas pemakaman Covid 19 yang sudah ditunjuk.

Adapun langkah-langkah yang sudah dilakukan Tim Satgas Covid-19 kecamatan Cilacap Utara antara lain melakukan screening terhadap keluarga almarhum dan penanganan pemakaman secara Protokol Covid-19 dan penyampaian himbauan isolasi mandiri kepada pihak keluarga duka.

“Selain itu memberikan pemahaman terhadap keluarga duka dan masyarakat tentang protokol pemakaman sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid 19. Tim juga melakukan penyemprotan disinfektan di area pemakaman serta jalur lintasan Ambulance menuju TPU Sabuk Janur,” pungkasnya. Oke