Rakor Tingkat Kecamatan, Ini Yang Dibahas Forkopincam Kesugihan

oleh -38 views

Cilacap – Danramil 06/Kesugihan Kapten Inf Sueb hadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Kecamatan Kesugihan bulan Maret tahun 2021 di Pendopo Kecamatan Kesugihan Jl. Serayu Raya Kesugihan Desa Kesugihan Kidul Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Selasa (9/3).

Rakor yang dihadiri lebih kurang 35 orang peserta tersebut dipimpin langsung oleh Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, S.Sos, M.Si. Selain Danramil, tampak hadir Kapolsek Kesugihan AKP R Gunung Krido Wahono, S.H, Kasi Pemerintahan Supardi, Kepala UPTD Puskesmas Kesugihan 1 Adi Widjaya, SKM., Kepala UPTD Puskesmas Kesugihan 2 Affif Melly Rahman, SKM, Ners., para Kepala Dinas/UPT serta Kepala Desa se Kecamatan Kesugihan.

Dalam sambutannya Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, S.Sos, M.Si. mengatakan bahwa rapat koordinasi ini berkaitan dengan penanganan Covid-19 di wilayah Kecamatan Kesugihan, agar dalam penanganannya perlu adanya tindakan dari Gugus Tugas sampai tingkat desa dengan pola jogo tonggo dalam PPKM Mikro.

” Berkaitan dengan hal ini, mari kita samakan persepsi, langkah apa yang tepat harus kita lakukan untuk mencegah penularan penyebaran Covid-19, dengan harapan wilayah Kecamatan Kesugihan bisa ditekan penyebarannya,” Katanya.

Perlunya edukasi tentang protkes ke masyarakat baik dari tim medis dan gustu tingkat desa dengan menerapkan protkes secara ketat dalam pelayanan masyarakat,” tambahnya.

Camat juga menjelaskan tentang penanganan SPPT yang diharapkan agar Pemerintah Desa menindaklanjuti percepatan dalam menangani SPPT ini sehingga bisa tercapai tepat waktu dan tidak terjadi tunggakan pajak PBB. Selain itu, juga menenai BLT DD agar dalam proses penyalurannya pada setiap bulan mengingat bulan Maret mulai pekan depan penyaluran BLT DD untuk bulan Januari dan Februari 2021.

Dalam Rakor tersebut, Danramil 06 Kapten Inf Sueb juga menjelaskan, pandemi Covid-19 hingga saat ini belum berakhir dan data yang ada terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Kecamatan Kesugihan semasih tinggi, untuk itu dia mengajak agar kita semua tidak bosan bosannya menyampaikan kepada masyarakat agar selalu menerapkan Prokes Covid 19, agar kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan semakin disiplin.

“Ini yang harus selalu kita lakukan. Selain itu diharapkan pula dalam PPKM Mikro ini, kita harus selalu bekerja sama agar dalam melaksanakan kegiatan ataupun dalam pelaporan harus dilengkapi dengan dokumentasi dan pelaporan yang sama,” Jelas Danramil.

Tidak ketinggalan Kapolsek Kesugihan AKP R Gunung Krido Wahono S.H juga menyampaikan terkait gangguan Kamtibmas yaitu Preemtif yaitu pencegahan, Preventif, dan situasi Kamtibmas dimasa pandemi Covid-19 dimana diwilayah hukum Polsek Kesugihan relatif aman dan kondusif.

Berkaitan dengan PPKM Mikro, dia juga mengajak semua pihak perlu adanya koordinasi dan kerja sama karena hal itu merupakan tanggung jawab kita bersama. Dan dengan upaya edukasi protokol kesehatan ke masyarakat. Kapolsek juga menjelaskan bahwa di wilayahnya masih terjadinya tindak pidana pencurian kendaraan bermotor. Untuk itu dia berharap agar para kades beserta perangkat desanya untuk mengingatkan masyarakat berkaitan dengan penipuan online, jangan mudah tergiur dengan penawaran atau iming-iming hadiah dan harus dicek terlebih dahulu agar tidak terjadi penipuan.

“Kalau sudah terjadi penipuan melalui medsos dan sudah lapor ke Polis,i tidak bisa serta merta di proses karena melibatkan Kominfo dan juga perbankan sehingga prosesnya panjang,’ Pungkasnya. (Urip)