Prajurit Kodim Cilacap Dan Jajarannya Lakukan Perawatan Pohon Kelapa Di Area Pantai Teluk Penyu Cilacap

Cilacap – Penanaman pohon kelapa di tepi pantai bertujuan untuk mengurangi risiko potensi bencana yang bisa terjadi seperti abrasi, gelombang pasang, tsunami, dan pemanasan global. Satuan Kodim 0703/Cilacap pada beberapa bulan yang lalu telah melakukannya di Area Tepi Pantai Teluk Penyu Cilacap dan pantai lain yang berada di sepanjang tepi pantai wilayah Kabupaten Cilacap.

Agar tumbuh dengan baik, perawatan pohon kelapa kerap kali dilakukan agar tanaman tidak rusak atau pun mati. Hal tersebut yang saat ini dilakukan Satuan Kodim 0703/Cilacap. Dipimpin Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian, didampingi Pasiter Kapten Cba M. Isa Saefudin, kegiatan karya bakti perawatan pohon kelapa di lakukan di Area Pantai Teluk Penyu Cilacap, Kamis (16/7/20).

Kegiatan diikuti oleh prajurit TNI jajaran Kodim 0703/Cilacap. Sedikitnya ada 2.000 bibit pohon kelapa yang telah ditanam di area Pantai Teluk Penyu Cilacap telah tumbuh. Dalam perawatan, tugas dan tanggungjawab dibagi pada Koramil Jajaran. Hal demikian agar setiap pohon yang ditanam dapat terpantau pertumbuhannya dan tumbuh dengan baik.

Para prajurit Koramil Jajaran menyebar ke sektornya masing-masing. Selain memperbaiki pagar yang mengelilingi setiap pohon kelapa, mereka juga membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar pohon kelapa. Pemupukan juga dilakukan disertai penyiraman pohon kelapa. Dalam pelaksanaannya, kegiatan penyiraman didukung Satuan Damkar Kabupaten Cilacap. Sedikitnya ada 2 Unit mobil Damkar membawa 4.000 liter guna mendukung kegiatan tersebut.

Kasdim mengapresiasi atas dukungan air dari Damkar Cilacap. Menurutnya, penghinjauan di area tepi pantai bukan saja menjadi tanggungjawab TNI saja namun semua pihak harus merasa memiliki dan mempunyai kewajiban yang sama untuk merawatnya.

” Menanam pohon adalah investasi, disamping untuk mencegah adanya potensi ancaman bencana, juga upaya meningkatkan keindahan alam, maka dari itu, apa yang sudah ditanam, harus dipelihara. Sehingga dapat tumbuh dengan baik, dan memberikan manfaat kedepan kepada generasi selanjutnya,” ungkapnya.

Harapan kepada masyarakat juga disampaikan Pasiter Kapten Cba. M. Isa Saefudin. Penanaman pohon kelapa yang telah dilakukan Kodim Cilacap pada bulan Desember tahun 2019 yang lalu, dinilai telah tumbuh dengan baik, namun demikian perawatan harus rutin dilakukan mulai dari membersihkan rumput, pemupukan dan penyiraman dan semua itu harus didukung oleh masyarakat setempat.

” Penanaman dan perawatan pohon kelapa telah dilakukan oleh Satuan Kodim Cilacap dan harapannya hal ini diikuti oleh masyarakat sekitar agar tanaman pohon kelapa bisa tumbuh subur dan baik sehingga nantinya dapat menambah daya tarik para wisatawan untuk datang berkunjung ke Pantai Teluk Penyu Cilacap ini,” ucapnya.

Dia juga berharap agar seluruh masyarakat juga melaksanakan program dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dimana seumur hidup satu orang, menanam dan memelihara pohon sebanyak 25. Hal ini dilakukan agar Bumi kembali hijau. Tidak hanya dilakukan di sekitar pantai, namun dilingkungan sekitar masyarakat juga harus dilakukan sehingga selain melestarikan lingkungan hidup juga dapat mengurangi pemanasan global, ” harapnya.  (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *