Posko PPKM Mikron Sokaraja Di Monitoring Dandim 0701/Banyumas

oleh -14 views

Banyumas –  Komandan Kodim (Dandim) 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol kembali mengecek posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di 2 desa wilayah Kec. Sokaraja Kab. Banyumas yaitu  Desa Pamijen dan Desa Sokaraja Kulon. Jumat malam (26/03/2021)

Pada kesempatan itu, Dandim didampingi Danramil 04/Sokaraja Kapten Inf Ruswanto dan Forkopimcam Sokaraja sekaligus mengecek tempat sarana protokol kesehatan di posko PPKM beserta petugas poskonya. 

“Di posko, semua sudah disediakan baik panel data, peralatan prokes dan petugas posko, sesuai instruksi dari pemerintah pusat untuk mendukung posko PPKM skala mikro sebagai upaya pencegahan dan penanganan COVID-19,” jelas Dandim usai melakukan pengecekan posko PPKM skala mikro di desa Pamijen.

Menurut Dandim, posko PPKM skala mikro di Desa Pamijen dan Desa Sokaraja ini sudah bagus dan diharapkan kepala desa dibantu masyarakat bisa bermanfaat dan maksimal dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Babinsa sebagai ujung tombak di wilayah harus cepat tanggap, apabila ada penderita atau warga yang ada gejala Covid-19 segera laksanakan koordinasi dengan Puskesmas untuk lakukan langkah – langkah penanganan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelas Dandim.

Lebih lanjut Dandim menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya di posko itu sudah terbentuk unit kecil lengkap yang terdiri dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta petugas medis dari puskesmas sebagai ujung tombak dalam melakukan tracking bagi masyarakat yang melakukan kontak fisik dengan pasien terpapar Covid-19.

“Kita harus selalu memberikan pemahaman ke warga agar mentaati protokol kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas agar penyebaran Covid-19 dapat ditekan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pamijen Hesti Tantriyani mendukung sepenuhnya pembentukan  posko PPKM berbasis mikro di desanya. Menurutnya dengan dibentuk posko tersebut pemantauan dan penanganan Covid-19 akan lebih terfokus dan langsung dirasakan masyarakat. 

“Kami segenap Pemdes Pamijen dan warga akan selalu mendukung segala bentuk penanganan Covid-19 yang dianjurkan oleh pemerintah. Semoga dibentuknya posko ini akan mempercepat penanggulangan sampai ke tingkat yang paling bawah yaitu RT,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa seluruh warga masyarakat desa Pamijen bahu membahu guna mencegah penyebaran COVID-19 sesuai anjuran pemerintah pusat .

“Warga disini sudah dengan kesadarannya sendiri, selalu mematuhi protokol kesehatan dan kami juga bersama Koramil dan Polsek Sokaraja rutin melakukan penyemprotan disinfektan. Kami imbau warga agar selalu  memakai masker, menjaga jarak aman dan rutin mencuci tangan,” pungkas Kepala Desa. (Pen)