Personil Gabungan TNI POLRI Cegah Ratusan Masa di Cipaku

Ciamis – RatusanĀ  warga dari gabungan para petani dan santri di Desa Jalatrang mendatangi kantor desa menuntut atas Hak Guna Usaha (HGU) Lahan Pertanian perusahaan yang tidak diperpanjang. Mereka mendatangi kantor desa untuk mempertanyakan kejelasan atas hak tanah tersebut.

Ratusan massa ini mendatangi kantor desa untuk menyuarakan pendapat kepada pemerintah desa atas kejelasan nasib tanah para petani yang selama ini digarap untuk kehidupan.

Penyampaian pendapat ini mendapatkan pengamanan dari ratusan personel gabungan TNI-Polri dibantu instansi terkait lainnya. Aksi ini sempat terjadi ketegangan hingga terjadi pembakaran ban bekas di depan kantor Desa.

Aksi ini merupakan bentuk simulasi pengendalian massa bagian dari pelaksanaan Latihan Terintegrasi (Intelijen, Teritorial, Tempur) Kodim 0613/Ciamis yang bersinergi dengan Polres Ciamis Polda Jabar dan Instansi Pemerintah Terkait di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Kita simulasikan disini terjadi tuntutan masyarakat yang tidak puas akibat ada konflik lahan. Ini merupakan latihan Terintegrasi Intelijen Teritorial Tempur dalam rangka penanganan konflik sosial. Kita bersama sama dengan pihak Kepolisian melaksanakan simulasi penanggulangan huru hara,” ujar Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., seusai simulasi penanggulangan huru hara di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jumat (17/03/2023).

Dandim menambahkan, simulasi penanggulangan huru hara ini dilaksanakan dalam rangka untuk menyiapkan personel baik TNI maupun Polri. “Sehingga semakin bersinergi untuk nantinya apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan aksi massa timbul, kita bisa bersama-sama membackup Polres dalam pengendalian massa,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Sementara itu, Kapolres Ciamis Polda Jabar AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., menambahkan, Polres Ciamis Polda Jabar menerjunkan sekitar 150 personel untuk melaksanakan Latihan Terintegrasi Kodim 0613/Ciamis. Personel ini merupakan gabungan satuan fungsi dan Polwan Polres Ciamis Polda Jabar.

“Semoga hasil dari latihan ini personel baik TNI Polri selalu siaga. Apalagi kita sudah masuk tahun politik kita juga mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Hadapi tahun politik berbagai kesiapan dilaksanakan Polres Ciamis Polda Jabar bersama Kodim 0613/Ciamis. “Semua aspek dalam kehidupan harus kita antisipasi. Misalnya ekonomi, gejolak sosial dan dampak dari politik harus kita antisipasi,” kata AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro.

Latihan ini dilaksanakan selama 17 hari, sejak tanggal 27 Februari 2023 hingga 17 Maret 2023. Latihan ini dilaksanakan oleh seluruh satuan fungsi dan bersinergi dengan Polres Ciamis Polda Jabar serta instansi pemerintah terkait.

 

(Pendim)