Peringati Hari Rimbawan, Peltu Kharis Wahyudi Ikuti Baksos

Cilacap – Gerakan menanam cegah banjir dan erosi merupakan wujud cinta serta peduli lingkungan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Rimbawan Ke 40 dan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke 167 tahun 2023. Peltu Kharis Wahyudi mewakili Danramil 09/Kawunganten ikuti Bakti Sosial (Baksos) Pra Penanaman Sabuk Hijau bertempat di Embung Kali Gombong yang berada di Dusun Kubang, Desa Kalijeruk, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Selasa (21/3/2023).

Baksos dihadiri Wakil ADM/KSKPH Sub Cilacap KPH Banyumas Barat Asep Ruskandar S.Hut, Danramil 09/Kawunganten diwakili Peltu Kharis Wahyudi beserta Babinsa Kalijeruk Serda Asep Gunardi, Kapolsek Kawunganten diwakili Bripka Irut, Asper Perhutani BKPH Kawunganten Kusnadi beserta anggota, Pabin KPH Banyumas Barat Ipda Tarto, Penyuluh Kehutanan Tarwiyadi, Kepala CDK VI yang diwakili Ashuri, Kepala Desa Kalijeruk Yanto beserta Kadus Kubang dan Ketua LMDH beserta anggota.

Ucapan selamat datang dan terima kasih atas terlaksananya kegiatan Baksos penanaman pohon di sabuk hijau Desa Kalijeruk di Area Embung Kali Gombong disampaikan Kepala Desa Kalijeruk Yanto mengawali sambutannya. Atas nama Pemerintah Desa Kalijeruk dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap banyak manfaat yang bisa diambil oleh pesanggem (penggarap) maupun Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan masyarakat Dusun Kubang.

“Selain untuk penghijauan, hasil dari penanaman pohon tersebut bermanfaat bagi masyarakat sekitar Embung Kali Gombong”, harap Yanto.

Sementara itu, Wakil ADM/KSKPH Sub Cilacap KPH Banyumas Barat Asep Ruskandar S.Hut dalam kesempatan tersebut menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon di area sabuk hijau Embung Kali Gombong. Menurutnya selain memperingati Hari Rimbawan Ke 40 dan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke 167 tahun 2023, kegiatan tersebut juga untuk mengembalikan kondisi lingkungan agar kembali asri, produktif dan bisa diwariskan ke anak cucu kelak selain itu juga untuk pencegahan bencana banjir serta memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kesadaran lingkungan hutan dengan pemanfaatan yang berbasis konservasi.

“Dengan memberikan edukasi diharapkan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan alam  untuk kita wariskan kepada anak cucu kita kelak”, Jelasnya.

Adapun pohon yang kita tanam di area tersebut diantaranya pohon kayu putih sebanyak 200 batang, Sirih Sida 100  batang, Kaliandra 100 batang dan Kakao sebanyak 100 batang.

“Hari ini kita laksanakan penanaman secara simbolis, sisanya akan dilanjutkan oleh pengurus LMDH”, Pungkas Asep Ruskandar S.Hut.

Usai melaksanakan kegiatan tersebut, Danramil 09/Kawunganten melalui Bati Tuud Peltu Kharis Wahyudi berharap agar tanaman yang sudah ditanam dipelihara dan dirawat dengan baik agar bisa tumbuh sesuai harapan dan hasilnya dapat membawa kemanfaatan untuk masyarakat banyak.

“Yang terpenting adalah kelestarian alam tetap terjaga dan hutan kembali hijau”, tegasnya.

Perlu diketahui bersama bahwa Hari Rimbawan atau Hari Bhakti Rimbawan adalah untuk memperingati dibentuknya Departemen Kehutanan yang diresmikan 1983 silam dan diperingati setiap tanggal 16 Maret.

 

(R09)