Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tegaskan Komitmen Ikrar Para Pemuda 1928

Kota Pekalongan – Bertempat di lapangan Kodim 0710/Pekalongan telah dilaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan mengambil tema “ Bersatu Kita Maju “ yang dipimpin oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0710/Pekalongan Mayor Infanteri Laindah dan diikuti oleh anggota TNI dan PNS Kodim 0710/Pekalongan, Senin(28/10/2019).

Dalam sambutanya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin, yang di bacakan oleh Pabung Mayor Infanteri laindah mengatakan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dengan mengambil tema “ Bersatu Kita Maju “ menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang di ikrar kan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda. “ Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat wujudkan cita-cita bangsa,”tegasnya.

Lanjutnya, tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. “ Pemuda untuk indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,”paparnya.

Menurut Zainudin, kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Generasi muda harus merespon kemajuan dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Diakhir amanatnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin berpesan, “ Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pungkasnya.(rus)

Baca Juga  Dandim Cilacap : TMMD Wujud Nyata Kemanunggalan TNI dan Rakyat Dalam Memajukan Desa Tertinggal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *