Penyebab Banjir, Anggota Koramil Kroya Bersama Warga Bersihkan Sampah Sungai dan Membuat Tanggul

Cilacap – Tak mau sebagian warganya kebanjiran akibat curah hujan yang mengguyur wilayah kroya, Babinsa Buntu Sertu Sartono bersama warga RT 1/4 Dusun Buntu kerja Bakti membuat tanggul penahan banjir dan pembersihan sampah di sepanjang Sungai Alam di RT1/4 Desa Buntu Kecamatan Kroya, Kamis (19/11).

Hal tersebut sesuai arahan Danramil 03/Kroya Kapten inf Tugirun yang telah memerintahkan Babinsanya untuk menganalisa penyebab banjir yang melanda di beberapa wilayahnya sehingga dengan cepat dilaksanakan oleh para Babinsa. Selain dikarenakan hujan deras, beberapa penyebab diantaranya ada beberapa pohon maupun sampah yang masuk ke sungai sehingga menghambat arus air dan meluap menggenangi pemukiman warga.

Hal tersebut dijumpai Babinsa Sertu Sartono yang mendapati adanya seonggok dapuran bambu di tepi sungai yang longsor tergerus air dan masuk menghalangi aliran sungai alam. Kejadian tersebut ditindaklanjuti oleh Danramil 03/Kroya dengan memeritahkan anggota dibawah pimpinan Pelda Agus Supriyadi untuk terjun langsung ke lapangan guna mengatasinya.

‘Saat ini kita bersama warga Dusun RT 1 RW 4 Desa Buntu membersihkan sampah diantara rumpun bambu yang ada ditengah aliran sungai dan membuat tanggul dengan menggunakan tanah yang di masukan ke dalam karung dan di letakan di pinggir sungai guna mengantisipasi banjir,” terang Pelda Agus Supriyadi.

Diharapkan dengan adanya kerja bakti pembersihan sampah di sungai ini dan juga pembuatan tanggul dapat mengurangi dampak banjir berikutnya. Biarpun wilayah ini hanya mengalami banjir akan tetapi masyarakat merasa khawatir dan takut apabila curah hujan turun cukup tinggi,” pungkasnya.(Urip)

Baca Juga  Hadiri Rakor Persiapan HUT RI ke-75 dan Evaluasi Gugus Tugas, Ini Kata Danramil Gandrungmangu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *