Pengurus SOIna Kabupaten Cilacap Masa Bakti 2022 – 2026 Dilantik

Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap menghadiri undangan kegiatan Pelantikan Pengurus SOIna (Special Olympic lndonesia) Kabupaten Cilacap Masa Bakti 2022 – 2026, bertempat di Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap, Jl. Sudirman No 32 Cilacap.

Kegiatan diawali dengan penyerahan obor Pekan Special Olympics Nasional oleh Pengurus lama dalam hal ini Bupati Banyumas Ir H. Achmad Husein kepada Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji diteruskan kepada Ketua SOIna Kabupaten Cilacap Hj. Tetty Rohatiningsih yang selanjutnya bersama perwakilan anak SOIna menyalakan api obor di halaman Pendopo Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap, Kamis (19/05/2022).

Tampak hadir mendampingi Danlanal Cilacap Kolonel Laut Sugeng Subagyo, S.Sos, Kasdim 0703/Cilacap Mayor lnf Drs. Abdul Asis Lallo, Wakil Ketua PN Cilacap  Indrawan, SH., M.H, Wakil Ketua PA Cilacap Drs. Khaeruddin, M.H, Kasi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Cilacap Sonang Simanjuntak, Ketua SOlna Jateng Patmaningrum, Ketua Solna Cilacap dan Banyumas, para Asisten Setda Kabupaten Cilacap, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Cilacap Drs. Sadmoko Danardono, M.Si, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap Farida, Dishub Cilacap Rochman dan perwakilan SLB Se Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengatakan pada hari ini kita dapat bersilaturahmi pada acara Penyerahan Estafet Obor Pekan Special Olympics Nasional Dan Pengukuhan Pengurus Soina Kabupaten Cilacap.

Sebelum melanjutkan sambutan ini, terlebih dahulu saya menyampaikan ucapan selamat datang kepada kepada Pengurus Daerah SOIna (Special Olympic Indonesia) Jawa Tengah, Bapak Bupati Banyumas Ir. H. Ahmad Husein dan Ibu Erna Husein Yang juga merupakan ketua SOINA Kabupaten Banyumas beserta tamu undangan lainnya atas kehadirannya di Kabupaten Cilacap.

“Selanjutnya, saya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pengurus Solna Kabupaten Cilacap yang sudah dikukuhkan tadi. Saya berharap bisa bekerja dengan baik dan akan menjadikan ladang ibadah kita untuk membantu dan melayani anak bertalenta khusus,” katanya.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, SOIna didirikan pada tahun 1989 sebagai bagian dari gerakan Special Olympiade Internasional yang fokus pada olahraga. Kegiatan ini dimulai pada tahun 1968, diprakarsai oleh Euniche Kennedy Schriver. 

Pesonas merupakan kompetisi olahraga bagi atlet-atlet bertalenta khusus atau tuna grahita dari seluruh Indonesia. Ajang tersebut menjadi kesempatan untuk mereka berprestasi, sekaligus penyemangat agar terus berekspresi. Pesonas ini akan menjadi ajang pesta anak-anak bertalenta khusus yang aman, nyaman, guyub, rukun, dan bahagia. Rencananya, nanti para atlet berprestasi di Pesonas akan diikutsertakan dalam acara Special Olympic 2023 yang akan digelar di Berlin, Jerman.

“Melalui ajang Pesonas ini tidak ada lagi ada kata diskriminasi di Kabupaten Cilacap. Anak-anak Cilacap yang bertalenta khusus harus terus mendapat dorongan dan lebih diperhatikan. Karena, anak bertalenta khusus mempunyai kesempatan yang sama.

Nanti kita akan sosialisasikan dan kita dorong agar para orang tua lebih peduli pada anaknya yang berkebutuhan khusus,” tandasnya.

Kegiatan diakhiri dengan penandatangan bersama oleh Bupati Cilacap, Bupati Banyumas dan diikuti Forkopimda Cilacap diatas bola berwarna putih sebagai wujud komitmen bersama dalam mendukung SOIna kedepanya.

 

Oke