Pengawasan Pemulihan Ekonomi Dampak Covid 19 Dalam Sektor Pertanian Dan Perternakan

oleh -57 views

Ciamis – Bertempat di Hatchery CV. Tanjungmulya Unit Bedor Ds. Sindangherang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Diadakan Pengawasan pemulihan ekonomi dampak Covid 19 pada sektor Pertanian dan Perternakan yang dihadiri oleh Kasdam III/Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP., Dalam acara tersebut Kasdam III/Siliwangi dan rombongan langsung menuju ke Penetasan ayam Hatchery.

Tujuan untuk mendukung Kemandirian Pangan dengan Penetasan ayam Hatchery serta untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik yang terus meningkat dan meningkatkan nilai gizi di masyarakat.

Dalam hal inipun dapat membantu peternak lokal dalam menyediakan anak ayam yang berkualitas dan mendukung kemandirian pangan khususnya dalam penyediaan pasokan protein hewani bagi masyarakat.

Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP., melaksanakan panen raya padi yang didukung pemanfaatan teknologi Bios 44 DC di lahan pertanian Kelompok Tani Melati Mas Siliwangi, Desa Sindangkasih, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (6 Maret 2021).

Turut serta hadir dalam panen raya padi di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis Korem 062/Tarumanagara, Waasintel Kodam III/Siliwangi, Waasops Kodam III/Siliwangi, Waaslog Kodam III/Siliwangi, Waaster Kodam III/Siliwangi, Waaspers Kodam III/Siliwangi, Waasrendam Kodam III/Siliwangi, dan Waka Bekangdam Kodam III/Siliwangi.

Selama di wilayah teritorial Kodim 0613/Ciamis Korem 062/Tarumanagara Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta rombongan didampingi oleh Kodim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., dan Kasdim 0613/Ciamis Mayor Arh Wilde Pangalera beserta Para Pasi. Selain itu, turut hadir Kapolsek Cikoneng Kompol Widarjo, Ketua Kelompok Tani Melati Mas Siliwangi beserta anggota Kelompok Tani Melati Mas Siliwangi

Lahan tanaman padi milik Kelompok Tani Melati Mas Siliwangi ini menjadi demplot BIOS 44 DC seluas 1,8 hektar. Di lahan pertanian ini menggunakan metode Tabela (tanam benih langsung) dengan masa panen selama 90 hari.

Seusai menerima arahan dari Anggota Kodim 0613/Ciamis, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo beserta rombongan dan Dandim 0613/Ciamis melanjutkan kegiatan panen raya padi. Setelah panen dilanjutkan dengan menggiling padi hasil panen dengan pemanfaatan teknologi Bios 44.

Kepala Staf Komando Daerah Militer III/Siliwangi Brigadir Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo, S.IP., berharap merubah lahan di wilayah Kodam III/Siliwangi menjadi lahan produktif. “Ini sedang kita upayakan untuk menjadi lahan produktif. Seperti lahan bekas pertambangan, lahan yang ditinggal masyarakat, ini sedang kita perbaiki lagi struktur lahannya agar menjadi lahan produktif.

Lebih lanjut, kata Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, pemanfaatan lahan menjadi produktif hampir disetiap Kodim jajaran Kodam III/Siliwangi rata-rata ada 1 hektar. “Wilayah yang sedang dikerjakan yakni dikawasan Sungai Citarum, dari Cisaat sampai Karawang. Kemudian Sumedang, Majalengka dan hampir semua sedang kita kerjakan. Yang kita kejar permasalahannya di sisi lahan, untuk saat ini yang sedang dikerjakan yakni permasalahan lahan,” pungkasnya.

Pendim Ciamis.