Pastikan Aman, Danramil Adipala dan Babinsa, Hadiri Audensi Warga Dusun Bogemanjir Dengan PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton

Cilacap – Pastikan berjalan aman, Danramil 08/Adipala Kapten Inf Kadisan bersama Babinsa Bunton Sertu Kuswanto hadiri kegiatan audensi antara warga masyarakat Dusun Bogemanjir Desa Bunton dengan pihak manajemen PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton yang digelar di ruang meeting PT Indonesia Power PLTU 2 yang berlokasi di Desa Bunton Kecamatan Adipala, Rabu (26/8/20).

Kegiatan tersebut dilakukan setelah sebelumnya adanya protes warga terkait limbah batu bara yang merugikan warga. Selain debu, warga juga mengalami kebisingan akibat aktifitas PLTU yang membuat warga tidak nyaman. Bentuk protes warga selain memasang Banner/Spanduk yang berisikan aspirasi warga terdampak debu batu bara PLTU 2 yang dipasang di sepanjang akses jalan Dusun Bogemanjir Desa Bunton.

Kegiatan audensi dihadiri oleh Manajer PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton Kukuh Pambudi beserta stafnya, Camat Adipala Drs Teguh Prastowo.M. Si, Danramil Kapten Inf Kadisan, Kapolsek Adipala Akp.Slamet S.H, M.M, Babinsa Bunton Sertu Kuswanto, Kades Bunton Sudin, Koorlap Triyono, Ketua rukun nelayan Sanmiarjo Satim, Ketua BPD Bunton dan Perwakilan warga masyarakat Dusun Bogemanjir/Bleberan.

Dalam penyampaiannya, Aji Saponiyanto selaku Tokoh Masyarakat Dusun Bogemanjir mengatakan, debu batu bara yang dikeluarkan PT indonesia Power PLTU 2 sampai saat ini belum bisa tertangani serius. mewakili warganya dia menyampaikan tuntutan warga diantaranya Penangananan limbah debu batubara, Penghijauan di sebelah barat PLTU, Sarana dan prasarana (akses jalan jalan warga), Jaminan kesehatan warga bleberan, Kompensasi Pemanfaatan limbah flay as dan Baton As, Lampu penerangan jalan pemukiman warga serta Pemberdayaan warga lokal yang terdampak limbah batu bara dan warga nelayan untuk difasilitasi.

Aspirasi warga juga datang dari Sanmiarjo Satim selaku Ketua rukun nelayan yang memohon agar untuk nelayan di perhatikan kesejahteraanya. Dia juga meminta agar pihak PLTU harus terus berkomunikasi dengan warga agar mengetahui apa yang menjadi permasalahan warga sekitar. Dikesempatan yang sama, Triyono selaku Korlap juga menginginkan agar permasalahan debu batu bara segera teratasi karena warga menginginkan kenyamanan hidup tanpa ada debu.

Baca Juga  Tingkatkan Kesadaran Hukum, Babinsa Kedungbenda Sosialisasikan Hukum dan Perlindungan Masyarakat

Audendi dengan warga mendapat tanggapan dari pihak PT Indonesia Power PLTU 2 Bunton. Selaku Manager, Kukuh Pambudi mengucapkan terima kasih kepada warga yang mau berdiskusi bersama. Adanya tuntutan warga, pihaknya berjanji akan segera menyelesaikannya dengan cepat. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *