Nekad Mudik, Koramil 15/Pekuncen Dampingi Masyarakat Swab Antigen Guna Antisipasi Penyebaran Covid-19

oleh -82 views

Banyumas – Pemerintah kabupaten Banyumas menekankan bahwa larangan mudik benar-benar harus ditegakkan. Salah satu upaya yang ditempuh adalah mengadakan swab antigen secara acak bagi para pemudik yang masih nekat menuju atau melewati kabupaten Banyumas tanpa membawa persyaratan.

Menyikapi hal tersebut bagi masyarakat yang nekat mudik maka akan didata oleh satgas PPKM Mikro yang didalamnya ada Babinsa dan Bhabinkamtibmas, selanjutnya mereka akan di swab antigen oleh puskesmas sesuai dengan wilayah tinggalnya.

Koramil 15/Pekuncen beserta Polsek Pekuncen dampingi swab antigen terhadap 47 orang pemudik dari berbagai macam daerah di Puskesmas Pekuncen I dan II kecamatan Pekuncen kabupaten Banyumas sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Banyumas. Senin 03/05/2021. 

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra S.E.,M.I.Pol. melalui Danramil 15/Pekuncen Kapten Inf Subandi mengatakan bahwa Babinsa koramil 15/Pekuncen mendapat laporan adanya masyarakat yang mudik lebaran 2021 di kampung halamannya, maka Babinsa bersama Bhabinkamtibmas mendata pemudik yang pulang kampung dan koordinasi dengan satgas PPKM mikro yang ada di tingkat RT dan menyampaikan untuk para pemudik tidak boleh keluar rumah/isolasi mandiri.

Lebih lanjut Danramil mengatakan untuk masyarakat yang terlanjur mudik harus mengikuti tes swab antigen di puskesmas I dan II Pekuncen guna mengetahui hasil kesehatan dari masing-masing warga, apabila ada yang hasilnya reaktif maka yang bersangkutan harus diisolasi mandiri sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan oleh pemerintah kabupaten Banyumas.

Alhamdulillah hasil swab antigen terhadap 47 orang pemudik dengan hasil NEGATIF. Selanjutnya Danramil menghimbau kepada masyarakat yang belum mudik agar jangan mudik hal ini untuk menghindari adanya melonjaknya klaster baru kasus Covid-19 di lebaran 2021 ini, tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun berada dengan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas). (AuL).