Mitigasi Bencana, 1000 Pohon Cemara Laut, Ditanam di Pantai Singkil Karang Pakis Nusawungu

Cilacap – Babinsa Karangpakis Koramil 05/Nusawungu Sertu Bahrul Ulum bersama Kasi Trantibum Kecamatan Nusawungu Tasripin, S.Sos. dan Kepala Dinas Kehutanan Purwokerto, melaksanakan penanaman 1.000 pohon Cemara Laut di Pantai Singkil Indah yang berlokasi di Dusun Kedungsari RT 09/03 Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, Jumat (4/2/22).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Cabang Kehutanan Purwokerto Endang Puji Prianingsih, Kepala Dinas Kehutanan Kroya Dri Nugroho beserta 3 orang stafnya, Camat Nusawungu diwakili Kasi Trantibum Tasripin, S.Sos., Danramil 05/Nusawungu yang di wakili Babinsa Karangpakis Sertu Bahrul dan Sertu Miswanto.

Kapolsek Nusawungu diwakili Bhabinkamtibmas Aiptu Faizin, Kasi Kesejahteraan Kecamatan Nusawungu Sudiyo, Kepala Desa Karangpakis Rudin beserta perangkatnya, Mahasiswa Unsoed Purwokerto, Ketua BPD Desa Karangpakis Sutarso, Ketua LPMD Arjosuwito, Perwakilan Ketua RW, RT dan Warga Masyarakat Desa Karangpakis.

Kepala Cabang Kehutanan Purwokerto Endang Puji Prianingsih mengatakan, Penanaman 1.000 pohon cemara laut yang dilakukan bersama Forkopimcam Nusawungu, perangkat desa, warga masyarakat dan Mahasiswa Unsoed yang lagi KKN ini bertujuan untuk menjaga lingkungan yang ada di pesisir pantai dan cemara laut ini salah satu tanaman yang dipilih karena mampu hidup di lingkungan seperti pasir. 

“Tanaman ini memiliki fungsi sebagai pemecah angin, juga menciptakan lingkungan yang hijau, dan keberadaan pohon cemara laut juga berfungsi sebagai penahan pemecah angin sehingga bisa meredam dampak terjadinya bencana angin puting beliung maupun kemungkinan bencana tsunami yang merugikan masyarakat,” Kata Endang Puji Prianingsih.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Karangpakis Sertu Bahrul Ulum juga mengatakan, Kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian alam dan lingkungan. Melalui penanaman 1.000 pohon cemara laut di sepanjang jalan pinggir pantai ini diharapkan dapat mencegah terjadinya bencana alam tsunami dan lainnya.

Selain itu, dengan ditanami ribuan pohon ini juga bisa menjadi tempat berteduh karena keberadaan pohon Cemara laut tersebut sangat bermanfaat untuk menciptakan keteduhan. Hal ini tentunya bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini,” Kata Sertu Bahrul Ulum.

(Urip/05)