Launching Laboratorium PCR RSUD Cilacap, Ini Harapan Kasdim

Cilacap – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Abdul Asis Lallo menghadiri kegiatan Launching Laboratorium PCR RSUD Cilacap bertempat di Komplek RSUD Cilacap, Jln. Gatot Subroto No.28 Cilacap, Kamis (8/10).

Tampak hadir, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal yang diwakili Mayor laut (P) Sapto Heri Kusdianto, Dandim 0703 Cilacap yang diwakili Mayor Inf. Drs. Abdul Asis Lallo, Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya S.I.K.,S H,M.H., Kepala Pengadilan Negeri Cilacap Sukri Sulimin, S.H., M.H, Kasi Intel kejaksaan Cilacap Dian Purnama, SH, Sekda Cilacap Drs. Farid Ma’aruf. MM beserta para Asisten, Kepala Dinkes Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M. Kes, M.Si dan   pejabat dilingkungan RSUD Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap dr. Pramesti Griana Dewi, M. Kes, M.Si mengatakan tujuan dan manfaat dibangunya sarana Laboratorium PCR Covid-19 adalah untuk memenuhi target Kementrian Kesehatan tentang pemeriksaan PCR yaitu sebesar 1000 tes per satu juta penduduk per minggu. 

“Adapun untuk target Kabupaten Cilacap yang ditetapkan Dinkes Provinsi adalah 1734 tes per minggu, atau 241 tes per hari. Dengan begitu penyampaian hasil tes akan menjadi lebih cepat. Selain itu dengan pembangunan Lab PCR akan memudahkan pengendalian Covid-19 secara efektif dan efisien,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Bupati bersama pejabat Danlanal, Dandim, Kapolres dan Dinas Kesehatan secara resmi membuka Launching Laboratorium PCR yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Cilacap di lanjutkan peninjauan ruangan dan sarana prasrana yang ada didalamnya.

Sementar itu disela-sela peninjauan Kasdim menuturkan pembangunan Laboratorium PCR Covid-19 di Komplek RSUD Cilacap merupakan langkah nyata Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menangani Covid-19. Tentunya dengan adanya Laboratorium sendiri, pihak Dinas Kesehatan akan lebih efektif dalam melakukan Swab tes terhadap orang yang terindikasi Covid.

“Harapanya, kalau dulu kita harus menunggu cukup lama untuk mengetahui hasil Swab Tes, bisa jadi hitungan minggu. Namun dengan adanya Laboratorium PCR ini hasilnya diharapkan bisa lebih cepat, dalam hitungan hari. Sehingga pasien segera tahu hasilnya dan pihak Dinkes sendiri dapat lebih mudah dalam pengendalian pasien yang terinfeksi Covid,” harap Kasdim. Oke

Baca Juga  Reaktif Saat Memeriksakan Kandungan, SM Dirujuk Ke RSUD Cilacap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *