Latihan Pembentukan Prajurit Raider TNI AD Resmi Ditutup

Cilacap – Latihan Pembentukan Prajurit Raider TNI AD Gelombang I Tahun 2022 secara resmi ditutup, hal ini ditandai pernyataan resmi oleh Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Kopassus (Danpusdiklatpassus) Brigjen TNI Agus Sasmitha dalam kegiatan Upacara Penutupan Latihan bertempat Lapangan Kesatrian Amirul Isnaeni Daun Lumbung, Jln. Veteran, Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Selasa (10/05).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Waaslat Kasad Bidang Latihan Brigjen TNI. G Suharso, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, (Kasrem 071/Wijayakusuma Letkol lnf. Candra, S.E., M.I.Pol, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf. Andi Afandi, S.I.P, Pasintel Lanal Cilacap Mayor Laut (T) Harry S Wahyu S. Sos, Wakil Ketua DPRD Kab. Cilacap Purwati, S. Pd, Kepala Kalan Kopassus Cilacap Kapten lnf. Lukman, Dansub Denpom IV/1-1 Cilacap Kapten Cpm Ujang Rohmat, Kapolsek Nusakambangan Cilacap  Iptu Asrul, Ka. Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya, S.H, Bea Cukai Cilacap Irfan Zainuddin, PT. SBI Cilacap Deni Hestiani, para Kabag dan Kasatsis Raider, para Kasi Diklat Raider dan tamu undangan lainnya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Danpusdiklatpassus Brigjen TNI Agus Sasmitha, Komandan Upacara Mayor Inf Doni Frasisco yang sehari hari menjabat sebagai Komandan Sekolah raider dan pejabat Perwira Upacara Kapten Inf Rohyadi.

Dalam amanatnya Komandan Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus Kopassus mengucapkan Selamat atas keberhasilan para mantan pelaku latihan yang telah berhasil mengikuti latihan.

“Saya berharap semoga ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapatkan nantinya dapat dikembangkan serta diimplementasikan di satuan guna menjawab panggilan tugas Negara kedepan dilandasi Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,”ucapnya.

Lebih lanjut, saat ini para mantan pelaku latihan pembentukan Prajurit Raider telah resmi menyandang Brevet Raider. Kualifikasi Raider dengan tanda petir melambangkan bahwa prajurit Raider adalah prajurit yang mampu bergerak dan bertindak dengan cepat, senyap dan  tepat di segala bentuk medan dan cuaca, dengan menggunakan unsur pendadakan untuk mendekati merebut dan menghancurkan sasaran.

“Berbekal pengetahuan dan keterampilan khusus yang telah didapatkan tersebut, kalian dinilai dan dipercaya telah memiliki kemampuan lebih dari Prajurit infanteri biasa dan kelak mampu diterjunkan pada operasi operasi khusus seperti Raid penghancuran, Raid pembebasan tawanan, operasi Mobud, operasi lawan gerilya dan pertempuran jarak dekat,” tambahnya.

Ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diterima selama mengikuti latihan di  Pusdiklatpassus diharapkan dapat meningkatkan kualitas kemampuan dan kesiapsiagaan sebagai seorang Prajurit Raider yang kuat efektif dan profesional dalam menghadapi tugas-tugas ke depan yang semakin dinamis dan kompleks. 

Berbekal kemampuan sebagai seorang Prajurit Raider besar harapan saya naluri kesiapsiagaan kalian lebih meningkat sebagai tidak lanjut dan salah satu perintah harian KASAD yaitu untuk terus mempertajam kepekaan terhadap perkembangan situasi dan dapat melakukan tindakan-tindakan proaktif kepada segala bentuk ancaman yang dapat mengganggu Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

“Setelah rangkaian upacara penutupan latihan ini, beberapa saat lagi kalian semua akan kembali ke kesatuan asal, selamat jalan, jaga faktor keamanan diri dan materil selama di perjalanan sampai tujuan masing-masing, tetap pedomani protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19, sampaikan salam hormat saya kepada pimpinan dan keluarga masing-masing,” harapnya.

Selanjutnya kepada seluruh Pelatih dan pendukung, saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi dan pengabdian selama melaksanakan seluruh rangkaian operasional Latihan Pembentukan Prajurit Raider Ta 2022.

“Segera laksanakan evaluasi secara menyeluruh dan jadikan sebagai bahan masukan dalam meningkatkan kualitas latihan di masa yang akan datang. 

(Oke)