Koramil Gandrungmangu Gelar Baksos Donor Darah

oleh -22 views

Cilacap – Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, Koramil 10 Gandrungmangu bersama PLKB Kecamatan Gandrungmangu didukung PMI  Kabupaten Cilacap mengelar Bakti Sosial (Baksos) “Donor Darah”, bertempat di Aula Makoramil Gandrungmangu, Jln. Pertiwi No. 04, Margamulya, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Kamis (27/5).

Kegiatan sosial diikuti oleh anggota Koramil, unsur PLKB dan masyarakat setempat yang secara sukarela mendonorkan darahnya.

Danramil 10 Gandrungmangu Kapten Inf Marjono menjelaskan ide penyelenggaraan kegiatan Baksos Donor Darah bermula dari kurangnya pasokan darah PMI akibat dampak pandemi Covid-19 sementara permintaan kebutuhan darah semakin meningkat.

“Kami dari Koramil Gandrungmangu menggandeng PMI Kabupaten Cilacap untuk melakukan langkah preventif guna menjaga ketersediaan darah untuk kebutuhan medis di wilayah Kabupaten Cilacap. Jadi ini adalah upaya kita untuk membantu orang-orang yang membutuhkan darah, ” jelas Danramil.

Salah satu pendonor, Serka  Sutrisno menuturkan dirinya tertarik mendonorkan darah karena tahu manfaatnya bagi tubuh. 

“Manfaat donor darah juga dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh, Zat besi yang berlebihan dalam darah, melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah,” terang Serka Sutrisno

Ditambahkan Sertu Indra Rismanta anggota Koramil 10/Gandrungmangu yang juga rutin mendonorkan darahnya tiap tiga bulan sekali.

“Satu tetes darah adalah hal yang sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan, donor darah dinilai sebagai bentuk kepedulian kemanusiaan, donor darah dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh orang yang melakukannya menurut medis,” tambahnya.

Di Samping pendonor darah dari beberapa anggota Koramil, juga tampak masyarakat umum yang antusias mendonorkan darahnya.

“Semoga apa yang kita lakukan bisa berguna bagi sesama, disamping menjaga stok ketersediaan darah bagi PMI Cabang Cilacap dan terutama bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan,” harapnya. Oke