Komsos Dengan Warga Binaan, Babinsa Cimanggu Perkuat Silaturahmi 

Cilacap – Komunikasi Sosial (Komsos) merupakan salah satu metode pembinaan teritorial bagi satuan kewilayahan, dalam hal ini Koramil 14/Cimanggu dari jajaran Kodim 0703/Cilacap. Dalam melaksanakan tugas pokoknya di wilayah, guna memperoleh bahan keterangan yang bermanfaat bagi Babinsa untuk disampaikan kepada Danramil. Dengan adanya laporan tersebut, Danramil dapat mengambil kebijakan yang berkaitan dengan kesulitan rakyat, peningkatan kesejahteraan rakyat, maupun yang berkaitan dengan kondusifitas di wilayah.

Dengan hal tersebut, Sertu Djoyo Hartono selaku Babinsa Koramil 14/Cimanggu, melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga binaannya terkait keamanan dan kondusifitas, di bengkel Saeful (50) yang beralamat di Dusun Nusadadi RT. 07 RW. 05 Desa Rejodadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Sabtu (22/06/2024).

Pada kesempatan tersebut, Sertu Djoyo Hartono menyampaikan bahwa komsos merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh seorang Babinsa di wilayah binaannya, guna deteksi dini dan cegah dini terhadap suatu permasalahan yang timbul di wilayah.

“Dengan rutin melaksanakan Komsos dan Anjangsana, Babinsa dapat membina hubungan yang lebih baik lagi dengan warga masyarakat, sekaligus mempererat tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat di wilayah binaan, sehingga Kamtibmas tetap kondusif, “pungkas Sertu Djoyo.

Di tempat yang sama, Saeful (50) salah satu tokoh masyarakat di Dusun Nusadadi, merasa sangat senang dan bangga dikunjungi oleh seorang Babinsa, dengan kehadiran Babinsa di wilayah, secara tidak langsung sudah menumbuhkan rasa aman dan nyaman di kalangan masyarakat.

“Terima kasih kepada Pak Babinsa, yang telah berkunjung ke rumah saya, saya sangat senang dan bangga sekali atas kehadirannya, keberadaan Babinsa di tengah-tengah masyarakat dapat menumbuhkan rasa aman dan nyaman, “ungkapnya.

“Kami sebagai warga masyarakat tentunya sangat mendukung apa yang disampaikan oleh Pak Babinsa, untuk selalu waspada dan meningkatkan keamanan serta ketertiban di lingkungan, kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi, “ujar Saeful mengakhiri.

 

(R14)