Kodim 0703/Cilacar Gelar Kegiatan Pembinaan Keluarga Besar TNI

Kodim 0703/Cilacar Gelar Kegiatan Pembinaan Keluarga Besar TNI

CILACAP.NEWS | Cilacap – Kodim 0703/Cilacap menggelar kegiatan Pembinaan Kepada Anggota FKPPI Kabupaten Cilacap bertempat di Aula Satya Kartika Kodim 0703/ Cilacap Kamis, 28/03/2019 dan dibuka oleh Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian Mewakili Dandim 0703/Cilacap


Dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdim, Dandim 0703/Cilacap mengharapkan Sinergitas dan Komunikasi yang saling membangun diantara semua komponen Keluarga Besar Tentara agar tercipta keselarasan dan bisa duduk bersama untuk membahas kegiatan dan karya karya nyata dalam Membangun Bangsa dan Negara kedepan.


Hal itu tentunya selaras dengan tema kali ini yaitu “Melalui Pembinaan Keluarga Besar TNI, kita wujudkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara serta Kebhinekaan dalam rangka membantu Kesulitan Rakyat dan mendukung Tugas Pokok TNI AD.  


Hal itu pula yang disampaikan oleh Kapten Inf. Yusuf Subagyo,Danramil 15 Karangpucung dalam materi yang disampaikannya kepada seluruh anggota FKPPI dimana Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara melalui operasi militer untuk perang dan operasi militer selain perang serta mewujudkan Kemanunggalan TNI Bersama Rakyat.


Dalam kegiatan tersebut juga dipaparkan materi SISHANTA oleh Kapten. Inf Taryun yang menjelaskan dalam konsep Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) terdapat tiga komponen, Pertama, komponen utama terdiri atas TNI dan Polri. Kedua, komponen cadangan terdiri atas warga negara, sumber daya alam, dan sarana serta prasarana nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama.


Ketiga, komponen pendukung terdiri atas warga negara, sumber daya alam, dan sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional yang secara langsung atau tidak langsung dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan komponen utama dan komponen cadangan.


Acara ditutup dengan pemberian Cindera Mata, dilanjutkan Ramah tamah dan Foto Bersama.  Tarone_Pendim0703
Baca Juga  Dandim Pekalongan Pimpin Rakor Bulan Dana PMI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *