Kodim 0703 Cilacap Gelar Pembinaan Teritorial Terpadu Tahun 2019

Cilacap – Sebagai upaya mewujudkan Ruang Alat Kondisi Juang (RAK Juang) yang tangguh di wilayah binaan, Kodim 0703 Cilacap menggelar Pembinaan Teritorial (Binter) Terpadu tahun 2019 yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap.

Pembinaan teritorial dilakukan dalam beberapa macam kegiatan sesuai konsep metode Binter yang meliputi bidang Tahwil, Bakti TNI dan Komsos. Dan diaplikasikan dalam berbagai bentuk kegiatan salah satunya pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) bertempat di Pendopo Kecamatan Gandrungmangu, Rabu (13/10).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Gandrungmangu yang diwakili Sekcam Wuryanto, Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Pasiter Kapten Inf Agus Wantoro, Pasintel Kapten Inf Kadisan, Danramil 10 Gandrungmangu Kapten Inf Marjono, Kapolsek Gandrungmangu Iptu Siwan, tokoh masyarakat, tokoh agama serta pelajar yang berjumlah sekitar 1000 orang.

Kepala Staf (Kasdim)Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian yang hadir dalam kegiatan tersebut membenarkan adanya kegiatan Binter Terpadu yang melibatkan berbagai unsur masyarkat itu. Ia menegaskan kembali bahwa pola pembinaan binter tak terlepas dari 3 metode binter yaitu pembinaan ketahanan wilayah, pembinaan Bhakti TNI dan pembinaan komunikasi sosial.

“Apa yang sedang kita laksanakan saat ini merupakan metode komsos dalam bentuk pembekalan wawasan kebangsaan, kita juga melaksanakan kegiatan serupa di SMK Budi Oetomo Gandrungmangu, ada juga Pelayaanan KB Kes di UPTD Puskesmas Gandrungmangu dan juga Karya Bakti yang bertempat di Dusun Sindeh Desa Wringinharjo Gandrungmangu,” jelasnya.

Adapun kegiatan ini melibatkan berbagai komponen masyarakat dari berbagai daerah sekitar baik dari Kecamatan Kawunganten, Bantarsari, Gandrungmangu dan Sidareja, yang mana kesemua itu muaranya bertujuan pada kemanunggalan TNI rakyat. Hal ini sesuai dengan tema yang kita usung yaitu”Memberdayakan wilayah pertahanan melalui giat binter terpadu guna memantapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh”, tegas Kasdim.

Baca Juga  Sebanyak 500 Rider Panaskan Event Trail Adventure TANK #4 Hari ke-2

Sementara itu Sekcam Gandrungmangu Wuryanto mengapresiasi kegiatan Binter Terpadu yang digelar Kodim 0703 Cilacap diwilayahnya. ” Kami merasa senang dan bangga karena menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan ini, kita tahu bahwa ini adalah kegiatan positif yang sangat berguna bagi generasi muda kita, dan juga mampu meningkatkan pembangunan daerah, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0703 Cilacap,” ungkap Wuryanto. (Eko_pendim0703)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *