Kodim 0613/Ciamis Bersama BBWS Citanduy Gelar Apel Siaga Bencana

Banjar – Kodim 0613 Ciamis bekerjasama dengan Badan Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy menggelar Apel Siaga Bencana di Kota Banjar. Apel ini berlangsung di Lapang Golf Procit Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Karangpanimbal, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (16/11/2023).

Apel Siaga Bencana ini diikuti oleh ratusan personel gabungan TNI-Polri dan instansi pemerintah terkait serta perwakilan elemen masyarakat. Mereka yang hadir diantaranya personel Kodim 0613 Ciamis, Polres Banjar, BPBD wilayah Sungai Citanduy, Dishub Kota Banjar, Orari, Rafi, BBWS Citanduy, Jabar bergerak Kota Banjar, PMI kota Banjar, Linmas dan pelajar.

Tak hanya personel, sejumlah peralatan penanganan kebencanaan turur digelar dalam Apel Siaga Bencana. Mulai dari peralatan mountaineering hingga kendaraan evakuasi penanganan kebencanaan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antara pihak militer dan instansi terkait dalam menghadapi potensi bencana alam.

Komandan¬† Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P, M.I, Pol., menyampaikan pentingnya kesiapsiagaan dan sinergi antar lembaga dalam menghadapi bencana alam. “Melalui Apel Siaga ini, kita berharap dapat merapatkan barisan dan meningkatkan koordinasi untuk respons cepat dan efektif dalam menghadapi bencana,” ujar Dandim

BBWS Citanduy juga memberikan kontribusi dengan menyampaikan informasi terkini terkait potensi bencana di wilayah tersebut. Kegiatan simulasi penanganan bencana turut dilakukan untuk menguji kesiapan dan respons personel terhadap situasi darurat.

Dandim berharap kerjasama ini antara Kodim 0613 Ciamis dan BBWS Citanduy kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dapat ditingkatkan. Sehingga kerugian dapat diminimalkan dan keselamatan masyarakat terjamin.

 

(Pendim)