Kasdim Cilacap Dampingi Wantimpres Habib Luthfi Dalam Rangka Silaturahmi Kebhinekaan dan Doa Bersama

oleh -68 views

Cilacap – Kepala Staf Kodim ( Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo mendampingi kunjungan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Bin Yahya (Habib Luthfi) dalam rangka melaksanakan “Silaturahmi Kebhinekaan dan Doa Bersama” guna merajut kebhinekaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di wilayah Kabupaten Cilacap, Senin (26/10).

Hadir dalam kegiatan, Sekretaris Tim Wantimpres  Kolonel Hasbuloh Achmad, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Palaksa Lanal Cilacap Letkol Laut (P) Wildan Ardiansyah, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, Kapolres Cilacap AKBP Derry Agung Wijaya, S.I.K., S.H., M.H, Ketua FKUB Ketua FKUB KH. Ahmad Soim El Amin, M.,Ag, para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap, pejabat TNI-Polri Cilacap, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Habib Luthfi menyambangi beberapa tempat ibadah diantaranya Masjid Agung Darussalam Cilacap, Gereja Santo Stefanus Cilacap dan Klenteng Lam Tjeng Kiong Cilacap guna melaksanakan ceramah kebangsaan atau ceramah kebhinekaan di tempat tersebut.

Dilanjutkan kegiatan Silaturahmi Kebhinekaan dan Doa Bersama  yang digelar Pemkab Cilacap, serta pelepasan balon dan burung merpati sebagai simbol kebhinekaan serta peninjauan Stand UKM bertempat di  Komplek Pendopo Wijayakusuma Sakti Cilacap, Jln. Jenderal Sudirman No. 32 Cilacap.

Dalam forum tersebut, Habib Luthfi beserta segenap unsur pemerintah, TNI-Polri, para tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Cilacap menandatangani Deklarasi Kebhinekaan, dan berkomitmen untuk memegang teguh ideologi Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara, merajut kebhinekaan dalam bingkai NKRI untuk mewujudkan Indonesia yang damai, sejahtera dan aman.

Lanjut, Menolak segala bentuk intoleransi, kekerasan, radikalisme, dan terorisme sertame mendukung penegakan Instruksi Presiden (Inpres) No.6 tahun 2020 terkait peningkatan disiplin, penegakan hukum protokol Covid-19 untuk pencegahan dan pengendalian virus Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Habib Luthfi mengungkapkan kekagumanya pada keguyuban (kerukunan) unsur pemerintah, TNI-Polri dan segenap pemuka lintas agama yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap. 

“Dengan adanya kerukunan antar umat beragama seperti yang kita rasakan saat ini maka negara Indonesia tidak akan bisa dipecah belah. Rasa saling memiliki, saling merangkul, saling kasih sayang, menghilangkan basa-basi. Yang muncul adalah hakekat kasih sayang yang melahirkan ahlak budi pekerti yang luar biasa,yang menimbulkan rasa saling menghormati dan menghargai, ” katanya.

Dia berharap kerukunan antar umat beragama tidak hanya sampai ditingkat Kabupaten saja tapi sampai di tingkat Kecamatan dan pedesaan. Cinta tanah air dan bangsa itu merupakan pemikiran bagaimana dengan tali silahturahmi yang harus kita Galang di kabupaten Cilacap ini dan bukan waktunya lagi untuk bicara perbedaan. 

“Yang sudah subur dan makmur dalam kefanatikan berbangsa bagi agama dan tertanam untuk menanamkan bagi kita semua untuk saling menghargai. Kita dilahirkan dengan berbagai keturunan dan suku maupun agama, namun kita tetap Indonesia,” jelasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *