Kasdim 0703/Cilacap, Nara Sumber Kegiatan Sosialisasi Dalkamling Kabupaten Cilacap Tahun 2019

Kasdim 0703/Cilacap, Nara Sumber Kegiatan Sosialisasi Dalkamling Kabupaten Cilacap Tahun 2019

CILACAP.NEWSCimanggu – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian menjadi Nara Sumber dalam kegiatan Sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan (Dalkamling) Kabupaten Cilacap Tahun 2019 bertempat di Aula Kecamatan Cimanggu, Selasa (18/6).


Kegiatan ini dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Cilacap Kabupaten Cilacap dalam hal ini diwakili Kabid Waspolkam Hari Mulyono, unsur Forkopincam Cimanggu, Bati Tuud Koramil Cimanggu Pelda Muslih, Babinsa Sertu Mulyono, Kasat Binmas Polres Cilacap AKP Pujiono, Kanit Reskrim Polsek Cimanggu Aiptu H. Yusuf, Kegiatan ini diikuti para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kecamatan Cimanggu. 


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Cimanggu Buddy Haryanto. Selaku Camat, dia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Cimanggu yang sampai saat ini bisa menciptakan iklim yang kondusif. Dengan sosialisasi ini, diharapkan dapat menambah wawasan atau penyerapan ilmu yang nantinya bisa diimplementasikan di lingkungan masyarakatnya. 


Dalam sambutan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Cilacap yang disampaikan Kabid Waspolkam Hari Mulyono mengatakan bahwa Sosialisasi Pengendalian keamanan lingkungan telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat dimana didalamnya ikut serta memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat dalam rangka untuk menciptakan rasa nyaman bagi warga masyarakat.


Terkait hal itu menurut Kepala Badan Kesbangpol Cilacap, diperlukan adanya sinergitas antara aparat keamanan dan warga masyarakat dalam mengatasi semua permasalahan yang ada dilingkungan serta dukungan dan kerja sama dari semua pihak baik dari Aparat Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh pemuda dan seluruh komponen masyarakat dalam menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Cilacap.


Kepala Badan Kesbangpol juga meminta kepada para peserta sosialisasi untuk berupaya semaksimal mungkin dalam menjaga keamanan, ketentraman dan kenyamanan lingkungan di wilayah masing-masing dengan menggalakan Siskamling dalam rangka mencegah dan mengantisipasi dari ancaman yang dapat menggangu stabilitas wilayah. 


Sementara itu selaku Narasumber, Kasdim menyampaikan beberapa hal terkait dengan potensi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (AGHT) sekaligus konsep penanganannya. Menurut Kasdim, ada konsep segitiga AGHT target yang dituju yaitu manusia, material, operasional, dokumen dan lingkungan. Terkait hal tersebut agar AGHT dapat dihilangkan atau dikurang antara lain dengan melakukan Eliminasi, Subsitusi, Deformasi, Minimalisasi dan Isolisasi terhadap target. 


Dalam Konsep penanganannya dalam menghadapi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri baik yang nyata maupun tidak nyata selain menjadi tugas TNI juga tugas seluruh rakyat Indonesia (penggabungan kekuatan Soft dan Hard Power) sesuai UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, perang semesta. 


” Kita harus bijak, bersatu dan saling bersinergi karena ancaman semakin nyata dan konflik sering terjadi. Untuk itu perlu antisipasi dan upaya nyata dalam rangka mencegah dan mengantisipasi dari ancaman yang dapat menggangu stabilitas wilayah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Bangsa, mengancam keutuhan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan ke-Bhinekaan Bangsa Indonesia”, Tandas Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian.  CN.0001_Urip/Elthree
Baca Juga  Babinsa Bersama Warga Gotongroyong Perbaikan Pos Siskamling

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *