Kadisjarah Angkatan Darat Kunjungi Museum Soesilo Sudarman Cilacap.

oleh -100 views

 Cilacap – Kepala Dinas Sejarah Angkatan Darat (Kadisjarah AD)  Brigjen TNI Dr. Rachmat Setia Wibawa, SIP, MM, M.Tr (Han) didampingi Kabalak Musmonpus Disjarah Kolonel Inf Andi M. Surya dan Staf Disjarah Letkol Inf M. Daldiri melaksanakan kunjungan ke Museum Soesilo Sudarman, yang berlokasi di Dusun Tinggarjati Lor, Desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Senin (09/11).

Tampak hadir dalam kegiatan Putra Alm. Soesilo Sudarman Prof. Dr. Ir. Dwi Suryo Indroyono Susillo, M.sc.A.pu, Direktur Museum Soesilo Sudarman Gentasari Ibu. Apoli purini, Camat Kroya Luhur Satrio Muchsin, S.Stp, M.Si, Danramil 03 Kroya Kapten Inf Tugirun beserta para Babinsa, Kadus Gentasari Romadhon serta pengurus Museum setempat.

Dalam kesempatan itu, Dwi Suryo Indroyono Susillo selaku pihak keluarga Soesilo Sudarman memandu  Brigjen TNI Rachmat bersama Stafnya untuk mengetahui lebih dalam tentang seluk – beluk Museum Soesilo Sudarman.

Di halaman Museum, mereka dikenalkan dengan berbagai Alutista Jaman dulu  yang berkaitan dengan sejarah Jenderal Soesilo Sudarman selama hidupnya. Beberapa koleksi menarik diantaranya Pesawat Patroli Maritim Nomad N 22, Pesawat Angkut, Panser Amfibi, Tank amfibi, Tank Scorpion, berbagai senjata kaliber besar,  berbagai jenis meriam, dan masih  banyak senjata kuno lainya.

” Kita akan mengenal lebih dekat Soesilo Sudarman melalui berbagai foto dan benda – benda peninggalanya yang hingga kini masih terjaga keberadaanya. Foto-foto yang terpajang di dalam museum merupakan bukti sejarah perjalanan Sang Jenderal yang telah banyak berjasa bagi pembangunan Bangsa Indonesia maupun kiprahnya dalam pemerintahan dan kemajuan TNI secara umum,” katanya.

Sementara itu, Brigjen TNI Rachmat menuturkan kunjunganya ke Museum Soesilo Sudarman merupakan agenda kunjungan Disjarah TNI AD  ke berbagai Museum untuk mengetahui dan menggali sejarah yang terkait dengan kesejarahan TNI AD.

” Sebelumnya Kami bersama Staf juga mengunjungi Museum Jogja untuk melihat lebih dekat sekaligus belajar tentang sejarah bangsa melalui berbagai koleksi yang ada di Museum tersebut. Dan saat ini kita kembali belajar di Museum Soesilo Sudarman di Kabupaten Cilacap. Tak hanya itu nanti kita juga  akan melanjutkan kunjungan ke berbagai Museum yang ada di Karsidenan Banyumas,” tuturnya.

Lebih lanjut, “Jenderal TNI Soesilo Sudarman merupakan sosok prajurit TNI yang banyak berkontribusi bagi kemajuan TNI terutama kiprahnya dalam pembentukan AKABRI dan pembinaan TNI AD. Kami sebagai generasi penerus sudah tentu harus banyak belajar dan menteladani semangat dan nilai – nilai perjuangannya yang selama ini telah ia tunjukan,” tutupnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *