Jaga Kondusifitas Jelang Idul Fitri, Pemkab Cilacap Gelar Apel Gabungan dan Patroli Bersama

CILACAP.NEWS | Cilacap – Dalam rangka cipta kondisi agar tetap kondusif menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Pemkab Cilacap menggelar apel gabungan bertempat di halaman Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap.

Apel Gabungan dipimpin oleh Bupati H.Tatto Suwarto Pamuji beserta Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han), Danlanal Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, ST, M.Sc, P.Sc, Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya, SIK, SH, MH, Sabtu (23/5).

Tampak hadir Kepala Staf Kodim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian beserta para Perwira Staf, KasatPol PP Drs. Yuliamal Sutrisno, M.Si, Dansub Denpom IV/I Cilacap Kapten Cpm Ujang Rohmat, serta para Kepala Satuan jajaran Polres Cilacap. Adapun peserta apel terdiri dari personel gabungan dari jajaran Kodim 0703 Cilacap, Lanal Cilacap, Polres Cilacap, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Cilacap.

Dalam sambutanya Bupati Cilacap mengatakan Hari Raya Idul Fitri tahun ini dirayakan dengan cara yang berbeda
karena menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan tidak dapat bersilaturahmi seperti biasanya. Tentunya hal ini sangatlah berat tapi keselamatan handai tolan dan sanak saudara jauh lebih penting dan harus menjadi prioritas.

“Berkenaan dengan penanganan dan pencegaan Covid-19, seperti diketahui bersama bahwa mudik ke kampung halaman telah menjadi tradisi masyarakat setiap menghadapi Idul Fitri, namun kita himbau agar pada Hari Raya Idul Fitri kali ini masyarakat Cilacap di luar daerah tidak mudik, katanya.

Lanjutnya, “Namun apabila dengan sangat terpaksa harus mudik ke Cilacap kita minta agar pemudik mematuhi protokol kesehatan dan melakukan karantina mandiri selama 14 hari. Untuk itu peran Gugus Tugas dibantu tokoh masyarakat sangatah dibutuhkan, mereka harus dilibatkan dan diaktifkan dalam menangani penyebaran Covid-19 pada masa Idul Fitri 1441 H kali ini, ” jelas Tatto.

Sementara itu Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto menegaskan pihaknya akan mendukung upaya pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas dalam mencegah penyebaran Covid-19. TNI jajaran Kodim 0703 Cilacap juga siap membantu Pemkab Cilacap dan Kepolisian dalam menjaga kondusifitas wilayah.

“Seperti halnya patroli bersama yang kita lakukan jelang hari raya Idul fitri ini, personel jajaran kita libatkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat di sepanjang jalan (rute) yang dilewati. Dengan cara yang persuasif dan santun sehingga mampu menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya mencegah penyebaran Covid-19,” tegas Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *