Jaga Kesehatan, Prajurit Kodim 0703 Cilacap Lakukan Pembinaan Fisik

Cilacap – Guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh diperlukan olahraga yang teratur. Hal itu yang dilakukan prajurit Kodim 0703 Cilacap untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya dengan melaksanakan pembinaan fisik sebelum memulai kerja.

Pembinaan fisik dilaksanakan usai kegiatan upacara bendera di halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman No.D-1 Cilacap pada Senin (28/11).

Sebelum pelaksanaan pembinaan fisik, dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemanasan yang diikuti oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703 Cilacap Mayor Inf Saeroji, beserta para Perwira Staf, Danramil jajaran dan anggota Kodim 0703 Cilacap.

Setelah pemanasan, dilaksanakan olahraga jalan kaki dimulai star dan finish di halaman Makodim dengan rute seputaran jalan Kota Cilacap, dan gerakan tambahan berupa pull up dan push up untuk melatih otot tangan dan punggung.

Pada kesempatan itu, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Saeroji menuturkan pembinaan fisik merupakan kebutuhan bagi prajurit guna membentuk tubuh yang sehat dan bugar. 

“Kita tahu bahwa personel Kodim umurnya sudah tidak muda lagi, rata rata sudah berdinas di atas 20 tahun bahkan ada yang mendekati masa pensiun. Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar kaitannya mendukung tugas pokok sebagai prajurit sampai masa purna tugas, perlu adanya pembinaan fisik yang teratur secara rutin,” tuturnya.

Olahraga jalan kaki yang dilakukan sebelum bekerja dengan durasi dan jarak tertentu, sangat efektif untuk menjaga fisik prajurit sesuai kategori umurnya.

“Kita harus bersyukur karena masih diberi kesehatan dan kekuatan sehingga masih bisa bekerja, berdinas sehari hari tanpa adanya keluhan. Barangkali diluar sana ada saudara atau rekan kita yang sedang sakit dan mendapat perawatan. Jadi kalau sudah sakit barulah kita menyadari bahwa kesehatan itu mahal harganya, adalah untuk menjaga kesehatan itu dapat dilakukan dengan hal yang mudah seperti berjalan kaki secara rutin,” pungkasnya.