Jaga Imunitas di Masa Pandemi Danrem 071/WK Gowes Dari Banyumas Ke Cilacap

oleh -25 views

Cilacap – Dimasa Pandemi banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan guna menjaga imunitas sekaligus meningkatkan kebugaran tubuh, yaitu dengan berolahraga salah satunya adalah dengan bersepeda (Gowes). Saat ini bersepeda merupakan olahraga paling trend dan banyak digemari oleh masyarakat umum karena kegiatan ini cenderung lebih aman dan menyehatkan.

Terkait hal itu, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Dwi Lagan Safrudin, S.I.P menggagas kegiatan bersepeda (Gowes) bersama dengan para prajurit Korem dan jajaranya serta pejabat Lintas Sektoral terkait guna melaksanakan olahraga bersepeda sekaligus menyerukan pentingnya disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat, kegiatan dimulai star dari Komplek Kediaman Danrem, Jln. Merdeka, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu (20/2/2021)

Turut mendampingi, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, PSC., M.S, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf Andi Afandi, S.I.P, Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Chandra, S.E., M.I. POL, Kapolres Cilacap AKBP Dr. Leganek Mawardi, SH., SIK., MS, Kasrem 071/WK beserta para Kepala Seksi (Kasi) dan Perwira Staf, Kajasrem 071/WK Lettu Inf Sinung, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Abdul Asis Lallo beserta para Danramil, GM Pertamina RU IV Cilacap Joko Pranoto beserta Staf, para pengusaha dan peserta gowes lainnya.

Danrem 071/WK melalui Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi menjelaskan kegiatan gowes mengambil Star dari Kediaman Danrem pada pukul 5.30 WIB yang sebelumnya melakukan prosedur pengecekan personel dan pemanasan (Warming up) untuk menghindari cedera.

“Adapun rute yang dilewati yaitu jalan Stasiun Purwokerto Timur, Andhang Pangrenan, Balai Desa Pegalongan Gunung Tugel, Pasar Patikraja, Tugu Gunungan Wayang Tumiyang Kecamatan Kebasen, Pertigaan JNE Sampang, dan istirahat di Check Point di Komplek Gudang Bulog Maos,” jelasnya.

Lanjutnya, ” Setelah rehat di Check Point I, rombongan kembali melanjutkan perjalanan melewati pertigaan BRI Maos, SPBU Cantelan, Pertigaan Tugu Selamat Datang Cilacap, PLTU Karang Kandri, jalan Teluk Penyu dan finish di Benteng Pendem Cilacap dengan estimasi jarak 58 Km,” tambahnya.

Kegiatan ini berjalan dalam koridor protokol kesehatan (Prokes), hal ini diterapkan kepada para peserta, dengan selalu memakai masker, memakai sarung tangan, dan selalu menjaga jarak. Selain itu disetiap Check Point disediakan sarana sanitasi untuk mencuci tangan agar selalu bersih dan aman dari penyebaran Covid 19.

Kegiatan bersepeda juga bagian dari upaya menjaga imunitas tubuh secara alami, sehingga terbentuk kekebalan tubuh dari serangan virus. Dengan rutin bersepeda maka imunitas akan terjaga dengan baik.

“Apa yang kita lakukan adalah bagian dari edukasi kepada masyarakat akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan utamanya dimasa PPKM Mikro. Meskipun pandemi, aktifitas tetap berjalan, harapanya masyarakat bisa tetap produktif. Saat ini pemerintah sudah memulai program vaksinasi, namun demikian masyarakat harus tetap mematuhi prokes sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera diakhiri,” tandasnya.

Oke