Ini Yang di Bahas Saat Bati Tuud Koramil 05/Nusawungu Hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektoral

Cilacap – Bati Tuud Pelda Turut mewakili Danramil Koramil 05/Nusawungu bersama unsur Forkopincam Nusawungu, hadiri Loka Karya Mini Lintas Sektoral yang digelar di UPTD Puskesmas Nusawungu I di Aula PLKB Kecamatan Nusawungu, Kamis (24/9/2020).

Dalam kegiatan Loka Karya Mini Lintas Sektoral tersebut dibahas berbagai hal terkait peran Petugas Kesehatan didalam pelayanan masyarakat dan juga peran serta semua elemen masyarakat didalam memerangi perkembangan Covid-19. Hal tersebut menjadi sorotan Camat Nusawungu Agus Supriyono, S.Sos.M.Si, di awal sambutannya yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas-I Nusawungu dr Djoko Semedi dan Kepala Puskesmas-II Nusawangu dr Gilang Adiwignya.

Menurut Camat, dihadapkan pada persoalan tentang pandemi, bukan semata-mata menjadi tugas dan peran dari UPTD Puskesmas Nusawungu I dan II saja, namun menjadi tanggung jawab kita semua. UPTD Puskesmas Nusawungu I dan II telah melayani kurang lebih 89.000 jiwa di Kecamatan Nusawungu

” Terkait hal tersebut, mutu pelayanan diharapkan seperti di saat akreditasi yang dapat melayani dengan baik dan harus ada pemisahan tempat antara yang sakit dan sehat apalagi dengan predikat paripurna, tentunya mutu pelayanan harus dipertahankan,” ungkap Agus Supriyono.

Mengenai pelayanan, ibu hamil juga harus rutin periksa agar dapat diketahui perkembangannya karena Puskesmas sudah bekerjasama dengan Dokter Spesialis di Rumah Sakit yang ditunjuk. Itulah pentingnya adanya ambulance desa untuk membantu warga masyarakat yang akan melahirkan pada sewaktu-waktu,” imbuhnya.

Selain itu, dalam kegiatan Loka Karya Mini Lintas Sektoral, Demam Berdarah, Program Stunting dan Penyakit yang tidak menular juga dibahas dalam kegiatan tersebut. Namun terpenting dari itu semua, kepatuhan protokol kesehatan sangat penting guna memerangi penyebaran Covid-19.

Karena mobilitas masyarakat sangat tinggi maka jangan lengah karena Covid-19 menyerang indra penapasan kita, untuk itu, tetap patuhi protokol kesehatan dengan 4 M yaitu Mencuci tangan pakai sabun, Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencegah kumpul-kumpul,” Pungkasnya.(Urip)

Baca Juga  Musyawarah Upaya Mengelola Tambak Udang Yang Sehat Bagi Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *