Implementasi Kemanunggalan Tni Dan Pemkot Banjar Diwujudkan Dalam BSMSS 2020

CiamisĀ  – Bakti Siliwangi Satata Sariksa disingkat BSMSS merupakan variabel pola pembangunan dan terminologi kebijakan pembangunan khususnya didaerah pedesaan dan kelurahan. Ini tentunya partisipasi dan kerja sama antara TNI, Masyarakat, Polri dan Pemerintah ini akan bisa dilihat dari proses pelaksanaannya.

Dimana ini harus memberikan motivasi, sekaligus stimulan kepada masyarakat dalam berbagai hal. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga untuk memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Banjar H. Nana Suryana dalam acara pembukaan BSMSS di halaman Desa Cibeureum, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (15 Oktober 2020).

Pada kesempatan tersebut, H. Nana menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dalam hal ini Kodim 0613/Ciamis dan semua pihak yang mendukung BSMSS. “Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak untuk pembangunan melalui program BSMSS Kodim 0613/Ciamis,” ucapnya.

Menurutnya, BSMSS merupakan sarana untuk memupuk dan menumbuh kembangkan spirit persatuan dan kesatuan, soliditas sosial, kekompakan dan keterpaduan semangat bergotong royong. Diharapkan pelaksanaan pembangunan melalui BSMSS bersama TNI dan Rakyat bisa akurat, cepat, dan tepat sasaran.

“BSMSS selalu akurat pengerjaannya. Semoga dapat terselesaikan masalah pembangunan di wilayah Desa Cibeureum,” tuturnya.

Sebagai momen yang menunjang Program Pemerintah, kata H. Nana, BSMSS juga menanamkan dan menggelorakan semangat gotong royong serta meningkatkan peran aktif masyarakat yang didasari integrasi sosial dan kearifan lokal komunitas masyarakat pedesaan.

“Ini akan berdampak pada keberlanjutan kehidupan masyarakat yang lebih baik, maju dan mandiri. Dengan meningkatkan kepedulian sesama dan peran warga yang harmonis dan keswadayaan. Kita tanamkan nilai sosial membangun, supaya kita sebagai masyarakat ada rasa memilki, menjaga, bertanggungjawab, memanfaatkan juga melestarikan pembangunan,” ujarnya.

Ia berharap, kegiatan BSMSS ini bisa mewujudkan kebersamaan dalam memelihara komitmen terhadap masyarakat khususnya di daerah tertinggal Kota Banjar khususnya Desa Cibeureum Kecamatan Banjar. “Saya berharap kegiatan ini bisa memacu pertumbuhan sektor ekonomi produktif masyarakat pedesaan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Terlebih jalan yang dibangun ini mengakses tiga desa yakni Desa Jajawar, Desa Cibeureum, dan Desa Balokang,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0613/Ciamis, Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., mengatakan, program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa merupakan salah satu perwujudan atau implementasi kemanunggalan TNI dan Pemerintah Kota Banjar dengan masyarakat. Hal ini u

ntuk meningkatkan persatuan dan kesatuan demi kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pembangunan di daerah.

“Salah satu upaya nyata yang dilakukan TNI adalah dengan melaksanakan kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa. Yang dilaksanakan seiring dengan program pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” kata Dandim

Dandim berharap, hasil kegiatan BSMSS ini dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta mampu untuk membantu kehidupan masyarakat di daerah dengan mengantarkan masyarakat kepada kehidupan yang lebih maju dan lebih baik.

“Dengan kegiatan BSMSS ini, dapat merangsang tumbuhnya kesadaran serta kepercayaan masyarakat dalam membangun diri dan lingkungannya yang pada gilirannya dapat memacu semagat dan prakarsa serta jiwa kemandirian masyarakat dalam membangun diri, lingkungan, dan desa nya secara bergotong royong tanpa harus menunggu program dari pemerintah,” tandasnya.

Dalam Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa Kodim 0613/Ciamis di Kota Banjar tepatnya di Desa Cibereum menghubungkan 3 desa ini dilakukan Pengaspalan sepanjang 188 meter dengan lebar 2,5 meter. Pengerjaan dilakukan oleh 50 orang yang terdiri dari 10 personel Kodim 0613/Ciamis, 10 personel instansi pemerintah terkait dan 30 warga masyarakat sekitar dengan masa pengerjaan selama 14 hari.Pendim 0613/Ciamis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *