Hujan Disertai Angin Kencang di Cilacap, Akibatkan Beberapa Rumah Rusak 

Cilacap – Hujan lebat disertai angin puting beliung, mengakibatkan 4 rumah di Desa Bumireja dan Desa Kaliwungu Kecamatan Kedungreja, mengalami kerusakan. Kejadian tersebut terjadi pada Jumat (14/1/22) sekitar pukul 16.00 WIB.

4 rumah yang mengalami kerusakan diantaranya milik Kasimin (65) Dusun Bojong RT 05/06 Desa Bumireja dengan kerugian Rp 1.500.000,- rumah milik Parman (50) warga Dusun Kalireja RT 02/03 Desa Kaliwungu dengan kerugian Rp 1.000.000,- rumah Yon Maryono (48) warga Dusun Kalireja RT 02/03 Desa Kaliwungu dengan kerugian Rp 1.200.000,- dan rumah milik Karni (60) warga Dusun Kalireja RW 03/03 Desa Kaliwungu dengan kerugian Rp 1.000.000,-.

Terkait kejadian yang menimpa wilayahnya, Danramil 12/Kedungreja Kapten Inf Tasino telah memerintahkan Babinsa Jajarannya untuk segera mendatangi lokasi kejadian, melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan dinas instansi terkait lainnya dan menjadi aolutir terhadap setiap kejadian di wilayahnya.

“Para Babinsa kita sudah turun ke lapangan ke lokasi kejadian. Mereka melakukan koordinasi baik dengan perangkat desa maupun dinas terkait lainnya guna perbaikan dan penanganan terbaik terhadap warganya yang terdampak bencana alam. Mereka harus bisa menjadi solutor terhadap musibah yang menimpa warganya,” Tegas Danramil.

Sementara itu di lokasi kejadian, Babinsa jajarannya telah melakukan pendataan dan koordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan. Warga yang telah berkumpul pun dihimbau untuk mewaspadai terhadap perkembangan situasi agar tidak terjadi korban jiwa.

Saat ini, kita bersama warga juga melaksanakan tindakan membantu warga yang terdampak dengan membersihkan puing puing bangunan atau atap rumah yang runtuh akibat puting beliung. Agar rumah mereka nantinya bisa segera mereka tempati kembali,” kata Sertu Tarso Widodo, Babinsa Koramil Kedungreja 

Sementara itu, kejadian serupa menimpa rumah Budi Santoso,  warga Dusun Purwadadi RT 06 RW 03 Desa Cisumur Kecamatan  Gandrungmangu. Hujan dengan angin kencang sebabkan pohon tumbang dan menimpa rumahnya sehingga mengakibatkan beberapa bagian rumahnya rusak. Babinsa Koramil 19 Gandrungmangu bersama warga segera kerja bakti  gotong royong membersihkan  pohon tumbang.

Babinsa menghimbau warga agar selalu waspada dengan  keadaan cuaca saat ini, pohon pohon tinggi yang ada di pekarangan dekat rumah dan membahayakan keselamatan agar supaya ditebang guna menghindari kejadian serupa.

(Urip)