Hektaran Sawah Terancam Gagal Panen Akibat Banjir Bandang Yang Melanda Desa Madura Kecamatan Wanareja

Cilacap – Akibat hujan deras yang terjadi pada hari Sabtu (4/4/20) sore hingga malam hari, menyebabkan hektaran sawah siap panen terendam banjir. Selain itu banjir bandang yang terjadi juga masuk pemukiman warga tepatnya di RT 01/8 Desa Madura Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Sabtu (4/4/20) malam.

Banjir bandang yang terjadi tersebut diperkirakan adanya tanggul jebol di sekitaran Sungai Cibaganjing sehingga meluap dan masuk ke pemukiman warga. Belum terlihat memang karena ketinggian air yang masuk di jalan desa mencapai 90 s/d 100 cm, sedangkan air yang masuk ke rumah warga mencapai 50 hingga 70 cm.

Menyikapi kejadian tersebut, Aparat TNI bersama dengan unsur Forkompincam, BPBD dan Aparat Desa Madura dengan cepat mendatangi lokasi kejadian. Dengan bantuan Perahu karet (LCR) dari BPBD Cilacap, mereka meninjau lokasiĀ  rumah warga dan menghimbau kepada masyarakat supaya mengungsi di rumah warga yang tidak terdampak banjir. Dengan alat tersebut juga mereka membantu evakuasi warga menuju ke tempat yang lebih aman.

” Dari kejadian ini tidak ada korban jiwa namun hektaran sawah yang siap panenĀ  terancam gagal panen apabila banjir ini tidak segera surut. Semoga saja banjir ini segera surut sehingga padi milik warga bisa terselamatkan, ” terang Pelda Rahmad, Babinsa Koramil 16/Wanareja. (Urip)

Baca Juga  Tim Dalprog Kodam IV/Diponegoro Kunjungi Korem 071/Wijayakusuma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *